Jakarta- Menteri Perhubungan (Mehub)  Budi Karya Sumadi bertolak ke Last Know Position (LKP), Selasa (19/1/2021) pagi. Menhub didampingi Kepala KNKT Soerjanto, dan Deputi Bidang Bina Tenaga dan Bina Potensi Basarnas, Abdul Haris Achadi. 

Rombongan Menhub  bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma dengan 2 helikopter, masing-masing AW-1315 Basarnas dan helikopter dari Direktorat Navigasi Udara Kementrian Perhubungan. 

Dua helikopter tersebut mendarat di Pulau Lancang, tempat tim SAR gabungan mendirikan posko. 


Di tempat tersebut, Menhub berinteraksi langsung dengan para penyelam dari unsur TNI, Bakamla RI, Polri, hingga mengunjungi dapur umumnya. 

Rombongan Menhub selanjutnya bertolak ke KN SAR Wisnu Basarnas menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) Basarnas. 

Di kapal tersebut, Menhub kembali bertemu dan berinteraksi dengan para penyelam dari Basarnas Special Group (BSG), penyelam dari Indonesia Diver Rescue Team (IDRT), dan penyelam lainnya yang menginduk di KN SAR Wisnu sejak hari pertama operasi SAR dimulai. 

Menhub juga mengunjungi KRI Rigel, tempat tim penyelam Angkatan Laut (AL) standby. 

"Saya dapat merasakan semangat, soliditas, dan kerja sama yang luar biasa dari tim SAR gabungan di lapangan. Saya apresiasi kepada seluruh tim SAR yang pantang menyerah melaksanakan misi kemanusiaan ini dengan segala medan yang harus mereka hadapi," ungkapnya. (*)

Post A Comment: