Pesawaran (Pikiran Lampung
)- Basarnas Lampung bersama tim SAR gabungan berhasil menemukan dan mengevakuasi jenazah Jumadi pada hari Jumat (26/2).

Kejadian bermula dari laporan, bahwa telah terjadi kecelakaan pelayaran atas 1 orang terjatuh dari KM Jaya Murni di Perairan Pulau Serdang Kabupaten Pesawaran pada Selasa (23/2) lalu, pukul 20.00 WIB. Kronologis kejadian tersebut adalah pada Selasa (23/02) pukul 18.00 WIB KM. Jaya Murni bertolak dari PPI Lempasing menuju perairan teluk Lampung, sekitar pkl. 19.30 wib nakhoda kapal Jaya Murni melihat ABKnya yang  berada di belakang sedang duduk bersandar di tiang sambil merokok. k

Kemudian pada pukul 20.00 wib nakhoda/saksi menengok kembali ke belakang dan tidak melihat korban tersebut. Selanjutnya nahkoda kebelakang dan mencari korban dan tidak dapat ditemukan. 

Diduga korban terjatuh ke laut. Identitas ABK tersebut adalah nama Jumadi, usia 25 tahin merupakan warga Desa Kebon Kecamatan Panimbang Kabupaten  Pandeglang, Provinsi Banten.


 Jumat (26/2) pencarian memasuki hari ke-3. Pukul 06.30 WIB Tim SAR Gabungan melaksanakan briefing dan membagi 4 Regu. Pukul 07.00 WIB  Tim melakukan penyisiran dengan tekhnik penyapuan menggunakan Rubberboat Basarnas Lampung dan 5 Perahu Nelayan di sekitar search area sesuai dengan Rencana Operasi hari ke-3. 

Pukul 12.00 WIB Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban a.n. Jumadi  pada Koordinat 5°43'12.84"S -105°18'31.32"T dalam kondisi Meninggal Dunia sekitar ± 6.95 NM atau 12 km arah 328.82°/Barat Laut dari Lokasi kejadian selanjutya korban dievakuasi menuju Pos POLAIRUD Lempasing. Selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada perwakilan keluarga.

Komandan Tim Basarnas di Lapangan Akrim mewakili Kepala Basarnas Lampung membenarkan hal tersebut. Dan menyatakan bahwa korban ditemukan sekitar 6,95 Nautica Mile dari lokasi kejadian. "Selanjutnya korban dievakuasi ke Pos Polairud Lempasing untuk diserahkan kepada pihak keluarga."ujar Akrim. (Hms/gung)

Post A Comment: