Bandarlampung (Pikiran Lampung) ------ Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) berpesan kepada Bupati M. Dawam Rahardjo dan Wakil Bupati Azwar Hadi yang akan memimpin Lampung Timur 2021-2026 ke depan agar dapat menyelaraskan Program Lampung Berjaya di Lampung Timur.

Hal itu diungkapkan Wagub Nunik dalam Acara Serah Terima Jabatan Bupati Lampung Timur dari Pelaksana Harian (Plh) Bupati Lampung Timur Kepada Bupati Lampung Timur Periode 2021-2026, yang dilaksanakan di Aula Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Sukadana, Lampung Timur, Jum'at (26/2/2021).


Pada kesempatan itu, Wagub mengatakan dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah, Pemerintah Kabupaten dan Kota, khususnya Kabupaten  Lampung Timur wajib melakukan sinergitas dan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi terutama dalam menyusun perencanaan pembangunan lima tahun ke depan. Hal ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi untuk menjamin keselarasan pelaksanaan urusan pemerintahan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat  terutama dalam  rangka mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

Adapun Program unggulan provinsi di antaranya program Kartu Petani Berjaya (KPB) dan program smart village, Meningkatkan Kualitas SDM dan Mengembangkan Upaya Perlindungan Anak, Pemberdayaan Perempuan, dan Penyandang Disabilitas, membuka investasi dan mengembangkan dunia usaha dan pariwisata, membangun infrastruktur dan konektivitas antar wilayah dan daerah. 

"Lampung Timur merupakan penduduk terbanyak nomor dua di Lampung. Tentu sangat penting agar kebijakan Lampung Timur dapat selaras dengan Kebijakan Provinsi Lampung. Inj harus dilakukan agar pembangunan dapat lebih maksimal lagi," ujarnya.

Wagub meminta Dawam dan Azwar memaksimalkan lagi peran Forkopimda, dan seluruh elemen masyarakat dalam bersinergi dalam pembangunan, terkhusus melibatkan peran masyarakat dalam penanganan Covid-19. 

Pada bagian lain, Wagub Nunik mengucapkan rasa syukurnya karena pada tanggal 26 Februari 2021 telah menyaksikan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Bupati dan Wakil Lampung Timur terpilih hasil Pilkada Serentak Tahun 2020. 

"Dengan telah dilaksanakannya upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, maka telah menjadi ujung dari pesta demokrasi yang penuh dengan dinamika, independensi, idealisme dan harapan. Saat inilah kiranya kita merajut tenun kebangsaan dan mensinergikan segala upaya dan sumber daya untuk membangun masa depan Provinsi Lampung yang lebih baik," ujarnya.

Wagub menilai pelantikan tersebut merupakan dinamika pemerintahan di daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, di mana seorang Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah menjalankan roda pemerintahan selama  5 (lima) tahun ke depan. 

"Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati dan Wakil Lampung Timur yang  dilakukan di tengah pandemi covid-19, sehingga untuk keselamatan seluruh warga maka harus menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Kepada Plh Bupati Lampung Timur, Wagub Nunik mengucapkan terimakasih karena telah mencurahkan segala tenaga dan pemikirannya dalam menyelenggarakan pemerintahan di Kabupaten Lampung Timur, hingga dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur terpilih Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020. 

Diakhir sambutannya, Wagub Nunik meminta agar Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur dapat terus bahu membahu, saling mendukung, saling mengerti dan saling menopang untuk setia dan memberikan yang terbaik untuk Lampung Timur.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Lampung Timur, M. Dawam Rahardjo menyampaikan bahwa dirinya bersama Azwar Hadi siap mengemban tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur hingga akhir masa jabatan.

"Saya bersama Wakil Bupati siap melanjutkan pembangunan di Bumei Tuah Bepadan ini sehingga Lampung Timur dapat semakin maju," ujarnya.

M. Dawam melanjutkan bahwa ke depannya tentu berbagai tantangan dan kendala tidaklah ringan. "Untuk itu kita perlu kerja bahu membahu, konsisten, bersatu dan saling bersingeri dalam setiap aspek pembangunan, sehingga dapat menjadikan Lampung Timur semakin maju," jelasnya 

Untuk itu, dirinya meminta dukungan suluruh jajaran Pemkab Lampung Timur, Forkopimda Lampung Timur, dan seluruh elemen masyarakat untuk turut mendukung berbagai program Pembangun Lampung Timur.

Tak hanya itu, M. Dawam juga meminta dukungan, bimbingan dan arahan dari Pemerintah Provinsi Lampung. (***)

Post A Comment: