Tugu Canang Lamteng. Foto.ist

Lamteng (Pikiran Lampung)
-Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) saat ini memasuki era baru, dengan dilantiknya Musa-Ardito jadi bupati dan wakil bupati Bumi Jurai Siwo tersebut. Salah satunya membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Bertalian dengan ini, Wakil Bupati Lamteng, dr Ardito Wijaya mengatakan pihaknya bakal segera membangun Pasar Karang Endah (Pakare) sebagai pasar kuliner baru agar warga setempat bisa berjualan makanan hasil olahan sendiri untuk meningkatkan pendapatan mereka. 

"Pasar kuliner ini konsepnya sama seperti Payungi di Kota Metro, yakni gotong royong. Tujuannya untuk pemberdayaan warga sekitar. Jadi warga bisa berjualan makanan dan minuman hasil buatan sendiri di Pakare ini," kata Ardito, kemarin.
 
Dikatakannya, selain menggiatkan wisata kuliner, Pasar Pakare ini juga akan berdampak bagi perbaikan perekonomian warga, membuka lapangan pekerjaan dan lainnya. 

"Seperti di Pasar Payungi Metro ini warga sekitar banyak yang berjualan di sini dan selalu ramai. Omzet yang diperoleh juga tinggi, karena itu jika diterapkan di Lampung Tengah akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya. 

Menurut Ardito, ke depan dirinya akan mendorong setiap kampung di kabupaten tersebut memiliki pasar kreatif atau kuliner. Sebab, pasar kreatif atau kuliner jika dikonsep dengan baik akan bisa meningkatkan kesejahteraan warga. 

"Tapi nanti harus mengedepankan kearifan lokal. Karena setiap kampung memiliki potensi masing-masing yang bisa dibuat seperti Pakare ini," paparnya.

Namun, tambah dia, sebelum konsep kampung wisata diterapkan, masyarakat yang kampungnya akan dijadikan kampung wisata harus diberikan pelatihan terlebih dahulu. 

"Karena konsep seperti inikan harus inovatif dan kreatif. Oleh karena itu, masyarakat harus diberikan pelatihan untuk peningkatan sumberdaya dan kemampuan masyarakat," imbuhnya.(ant/did)

Post A Comment: