Bandarlampung (Pikiran Lampung)-
Komnas Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Bandarlampung menanti komitmen walikota baru untuk mewujudkan kota layak anak (KLA) secara menyeluruh.

Harapan ini setidaknya bisa diwujudkan melalui Rapat Tim Gugus Kota Layak Anak (KLA)  Anak Kota Bandar Lampung, yang digelar Senin ( 09/03/2021) bertempat di Ruang Tapis Berseri Gedung Sei Batin Komplek Pemkot Bandar Lampung.

Rapatt ini dihadiri oleh Walikota Bandar Lampung, Kepala Bepeda Bandar Lampung, Kadis P3A Kota Bandar Lampung, Komandan Kodim 0410 KBL, Kadis Sosial, Dinas Pendidikan, Kejari, Bapas, LPKA, Komnas Perlindungan Anak/LPA Kota Bandar Lampung, Pemerhati Anak & Perempuan Kota Bandar Lampung dan stakeholder terkait lainnya. 

Pada pertemuan tersebut Walikota Bandar Lampung (Hj. Eva Dwiyana) menginnginkan untuk dapat dihimpun pendampingan perempuan dan anak secara gratis untuk ibu dan anak Kota Bandar Lampung. Agar hak-haknya dapat terlindung, kemudian juga menghimpun anak-anak jalananan untuk dihimpun dan dilatih kedalam  lembaga pelatihan anak. 

Menyoroti hal ini, Ketua Komnas Perlindungan Anak Kota Bandar Lampung menyambut baik apa yang disampaikan oleh Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiyana. Baik pendampingan ibu dan anak maupun pemberdayaan anak-anak jalanan untuk dihimpun ke arah produktif." Itu tandanya Ibu Walikota memiliki perhatian yang baik terhadap anak-anak Kota Bandar Lampung dan kita berharap komitmen tersebut bisa diwujudkan secara menyeluruh,"jelas Apri.

Dalam rapat tersebut Komnas PA Bandar Lampung menyambut baik atas dilibatkan Komnas PA dalam Rapat Tim Gugus KLA. Dan pada kesempatan tersebut Komnas PA Bandar Lampung menyoroti tentang masih maraknya pelecehan anak di Kota Bandar Lampung sehingga kita semua harus waspada terhadap hal ini, sehingga kami mengusulkan untuk pembentukan Satgas di 20 Kecamatan Kota Bandar Lampung untuk mempersempit ruang gerak para predator anak, pembentukan forum anak hingga tinggal Kecamatan untuk menyuarakan suara hati anak, dan kemudahan akses dalam PPDB online di Tahun 2021 agar anak-anak terlayani dengan baik. Untuk diketahui bersama Komnas PA adalah lembaga independent yang memperjuangkan hak-hak anak dan melayani segala permasalahan anak untuk dapat diupayakan ditindaklanjuti oleh pemeritah serta instansi yang terkait. 

"Harapan kita bersama semoga bukan hanya predikat KLA yang dikejar, namun penilaian Kota Layak Anak ini mampu bermanfaat dan merata menyentuh hingga ke pelosok dan pinggir kampung bagi Anak Kota Bandar Lampung sehingga hak-haknya dapat terpenuhi," pungkasnya. .(ap)

Post A Comment: