Bandarlampung (Pikiran Lampung
)- Yuk sahabat sekalian kita simak tulisan ini hingga selesai dan semoga jadi inspirasi kita semua 

.Mungkin diantara sahabat sekalian ada yang bertanya tentang mengapa kita perlu berupaya untuk memakmurkan masjid-masjid kita? Izinkan kami sampaikan penjelasannya:

.

1. Karena masjid adalah START UP PERADABAN WARISAN RASULULLAH. Mengelola masjid berarti mempertahankan dan meneruskan warisan Rasulullah. Mengelola masjid adalah aktualisasi rasa cinta kita kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW.

.

2. Sebagai sebuah STARTUP PERADABAN, masjid telah dan tetap mampu memberikan kontribusi kamajuan peradaban ummat manusia, sejak 1400 tahun yang lalu hingga detik ini. Kontribusi masjid selama 1400 tahun terkhir sungguh tak ternilai. Hingga detik ini, entah berapa milyar manusia yang menjadi manusia terdidik karena masjid. Hingga detik ini entah berapa ribu kerajaan yang telah berdiri karena berawal dari masjid. Hingga detik ini, entah berapa wilayah yang berhasil berkembang dan lestari hingga saat ini. Banyak. Sangat banyak. Tak ternilai. Sungguh tak ternilai. Maka, mengelola dan membangun masjid, berarti kita mengelola dan membangun peradaban.

.

3. Masjid telah terbukti  dapat memberikan kotribusi besar bagi kemajuan manusia. Masjid Nabawi di Madinah mampu mencerahkan ummat muslim di seluruh dunia, hingga detik ini. Masjid Al Qowariun di Maroko dan Masjid Al-Azhar di Mesir telah menghasilkan puluhan juta kaum cerdik pandai yang mencerahkan umat manusia di seluruh dunia. Masjid Demak, masjid Lawean solo, dan Masjid Kota Gede Jogja telah melahrikan tatanan peradaban baru di tanah Jawa. Masjid Sultan Muhammad Tsafiudin II di Sambas, Masjid Sultan Abdurrahman di Pontianak, dan ratusan Masjid tua lainnya di nusantara, punya kontribusi yang sangat besar bagi bagi pengembangan peradaban masyarakat di Nusantara. Bagaiaman dengan masjid kita? Apakah bisa menjadi seperti itu? Jawabannya bisa! Bahkan sangat bisa!

.

4. Itu zaman dulu, kalau zaman modern apakah mungkin? Tahun 1912 Persyarikatan Muhammadiyah berdiri di Masjid Kauman, Yogyakarta. Hingga saat ini, di zaman modern ini, Muhammadiyah yang lahir dari masjid itu memiliki layanan pendidikan, dan layanan sosial terbesar di dunia. Contoh lain, tahun 1926 Pondok Modern Darussalam berdiri di Masjid Atiq, Desa Gontor Kab. Ponorogo Jawa Timur. Saat ini, di zaman modern ini, PM Darussalam Gontor telah menjadi pesantren terbesar di Indonesia yang dapat menyelenggarakan pendidikan sangat berkualitas bagi 33 ribu santri di 25 cabangnya yang tersebar di Indonesia serta.memiliki aset trilyunan rupiah.

.

5. Oke itu masih zaman dulu. Kalau Zaman Sekarang Contohnya mana? Oke, tahun 2012 Masjid Kapal Munzalan Kubu Raya didirikan dan saat ini telah beroperasi di 80 Kabupaten Kota di Indonesia dan dapat mendistribusikan kebutuhan pangan setiap hari bagi 200ribu anak yatim dan santri di seluruh Indonesia. Lalu, pada Tahun 2017 Masjid Kurir Langit di Barru, Sulawesi Selatan berdiri. Saat ini mampu menyelenggarakan pendidikan gratis bagi ratusan santri dan menyelenggarakan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat.

.

6. Masjid dapat menjadi Solusi Konkrit bagi masyarakat. Masjid dapat mengentaskan kemiskinan, masjid juga dapat menyerap tenaga kerja. Masjid dapat menjadi lumbung ketahanan pangan, masjid juga dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Coba lihat perekonomian masyarakat di sekitar Masjid Nabawi, di sekitar Masjidil Haram. Coba perkirakan berapa pekerja yang dapat terserap dan berapa pula pekerjaan yang muncul akibat makmurnya masjid. Banyak! Banyak sekali! 

.

Demikianlah betapa hebatnya peran masjid. Taka da satu institusipun yang memiliki peran yang sangat besar selain masjid. Maka, mari kita makmurkan masjid-masjid kita!


***

Beni Sulastiyo

Temanbelajar Masjidbillionaire

========================

Berkah selalu.. :-) 


bergerak berjamaah menuju #masjidistimewaDIY

========================

Silahkan share & sebarluaskan informasi kebaikan ini 

========================


Untuk mendapatkan beragam hikmah, informasi, dan strategi kemasjidan, 

silahkan join :

bit.ly/OrangmasjidDIY


========================

Silahkan follow medsos kami:


FB Fanpage > http://bit.ly/fbmasjidenterprisediy

Instagram    > @masjidenterprisediy

========================


#orangmasjidDIY

#masjidistimewaDIY

#masjidmakmurberkahberlimpah

#masjidbillionaire

#masjidmilenial

#masjidperadaban

Post A Comment: