Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Walaupun saat ini vaksinasi sedang digalakkan, namun angka Positif Corona di Provinsi Lampung terus bertambah, bahkan angkanya kembali ke 'jalur menanjak'.

Hal ini berdasarkan data Dinas Kesehatan Lampung. Dimana, penambahan ada  79 kasus harian konfirmasi positif COVID-19 di provinsi ini sehingga total orang yang telah terinfeksi virus corona berjumlah 14.657.

"Dari 14.657 orang yang terinfeksi COVID-19 di Lampung total yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 13.342 dan 795 lainnya meninggal dunia," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Selasa (13/4/2021).

Dia menyebutkan bahwa penambahan 79 pasien COVID-19 tersebut tersebar di delapan daerah yakni Kota Bandarlampung dengan 13 kasus, Kabupaten Lampung Timur 27 kasus, Pringsewu sembilan kasus.

Kemudian, Kabupaten Tulangbawang delapan kasus, Lampung Utara delapan kasus, Lampung Tengah tujuh kasus, Lampung Selatan satu kasus dan Pesawaran enam kasus.

"Dari 79 kasus tersebut 59 orang terdeteksi kasus baru sedangkan 20 lainnya merupakan hasil penelusuran, karena rata-rata pasien dalam keadaan sehat maka 54 orang menjalani isolasi mandiri dan 25 lainnya di rawat di rumah sakit rujukan," katanya.

Selain itu, Kadinkes pun menyebutkan bahwa pasien sembuh dari COVID-19 di Lampung pun mengalami penambahan sebanyak 55 orang sehingga jumlah keseluruhan pasien selesai isolasi yakni 13.342.

Pasien sembuh COVID-19 tersebut masing-masing warga Kota Bandarlampung 13 orang, Kabupaten Lampung Timur 14 orang, Lampung Tengah delapan orang, Pesawaran tujuh orang, Lampung Selatan lima orang, Pringsewu lima orang, Pesisir Barat dia orang dan Lampung Barat satu orang.

"Dengan penambahan 55 pasien sembuh, angka kesembuhan di Lampung saat berada di 91,03 persen. Walau cukup tinggi angka kesembuhan namun pandemi di Lampung masih belum di kendalikan sepenuhnya sebab angka reproduksi efektif penyebaran COVID-19 dalam dua Minggu berfluktuasi dari 0.22 sampai 0.93," kata dia.

Sedangkan, lanjut dia, untuk kasus kematian akibat terinfeksi COVID-19 di Lampung juga mengalami penambahan empat orang sehingga hingga kini orang yang dinyatakan meninggal dunia karena virus corona berjumlah 795.

"Kasus meninggal dunia ini masing-masing warga Kabupaten Lampung Utara dua orang, Pesawaran satu orang dan Kota Bandarlampung satu orang. Dengan demikian angka kematian akibat COVID-19 di Lampung pun masih relatif tinggi dengan 5.42 persen," kata dia.

Sebelumnya, data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, juga menyebutkan adanya tambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19sebanyak 68 orang, sehingga menambah kumulatif kasus menjadi 14.578 pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana melalui keterangan tertulis di Bandarlampung, Senin (12/4) lalu, mengatakan tambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut berasal dari delapan kabupaten dan kota di Provinsi Lampung.

"Kasus positif berasal dari Kabupaten Lampung Tengah sebanyak enam orang, Lampung Utara 28 orang, Lampung Barat tiga orang, serta Lampung Timur lima orang," ucapnya.

Selanjutnya ada seorang pasien asal Pringsewu, Lampung Selatan memiliki dua orang, Kota Metro 10 orang dan Kota Bandarlampung 13 orang.

"Selain 68 kasus positif COVID-19 tersebut, ada pula tambahan pada kasus meninggal dunia, yakni satu orang asal Kabupaten Lampung Tengah," katanya.(ant/P1)

Menurutnya, untuk kasus suspect terdapat tambahan 25 orang, sehingga total ada 228 orang dan untuk kasus probable ada tambahan satu orang, sehingga total ada 86 orang.

"Untuk zona risiko persebaran COVID-19 di Lampung saat ini tidak ada daerah yang berzona merah, sedangkan yang berzona oranye ada sembilan daerah dan enam daerah lainnya berzona risiko kuning, sehingga diharapkan tidak ada peningkatan signifikan kasus COVID-19, dengan cara tetap menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Post A Comment: