Kepadatan di pintu Tol Merak Banten dini hari tadi. Foto Dodi Kurniawan/Pikiran Lampung

Jakarta (Pikiran Lampung)
- Seperti tak kurang akal, guna menghindari penyekatan dan larangan mudik, sejumlah warga pulang kampung lebih awal alias prematur. 

Pantauan reporter Pikiran Lampung di Jakarta, Dodi Kurniawan menyebutkan, jika gelombang pemudik prematur ini mulai terlihat padat. Terutama di lihat dari gerbang tol keluar Merak Banten dari Jabodetabek. Dari informasi yang diperoleh awak media ini, para pemudik ini umumnya mereka yang berstatus wiraswasta dan pengusaha UKM. 

Kepadatan juga nampak di pelabuhan penyeberangan Merak Banten dan Bakauheni Lampung, Sabtu (1/5/2021). Beberapa pemudik menyatakan mereka sengaja memilih pulang lebih awal untuk menghindari penyekatan. " Ya bang kami pulang lebih awal supaya lebih awal kumpul dengan keluarga," ujar salah satu pemudik yang mengaku akan pulang ke arah Kotabumi Lampung Utara.

Sementara itu, kontributor Pikiran Lampung di wilayah Riau dan Padang, Jauhari menyebutkan, jika warga Lampung yang berada di wilayah Riau dan sekitarnya juga telah berangsur meninggalkan provinsi tersebut untuk menuju kampung halamnan mereka di Lampung. Warga Lampung di Riau umumnya bekerja di perkebunan dan sektor informal lainnya.
Di Bandarlampung, pantauan reporter Raffi Baskoro menyebutkan jika penyekatan terus telah dilakukan oleh Pemkot Bandarlampung di beberapa titik yang sudah diterapkan. Yakni, tugu Radin Intan Haji Mena, Jalur Itera Sukarame, Lematang Lampung Selatan serta beberapa wilayah lainnya.(tim liputan lebaran)

Post A Comment: