Bakauheni (Pikiran Lampung) - Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjenhubla) Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Bakauheni dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kota Agung melaksanakan kegiatan seremonial Program Padat Karya Tahun 2021 di halaman Kantor KSOP Bakauheni, Rabu (16/06/2021) pagi.


Turut hadir dalam kegiatan seremonial tersebut, Abdul Hayat, S.Pd., M.Pd yang mewakili DR. (C) H. Bustami Zainudin, S.Pd., M.H (Wakil Ketua Komite II DPD RI), Kepala Kantor KSOP Kelas IV Bakauheni Capt. Tommy Aronda, M.Si., M.Mar., Kepala Kantor KSOP Kelas I Panjang yang diwakili oleh Kasubag TU Haryanto, Kepala Kantor UPP Kelas III Kota Agung Capt. Tohara, SE., M.Mar., M.MTr., Lurah Bakauheni Syahroni, GM. PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cab. Bakauheni, Direktur PT. Bandar Bakau Jaya, Polsek Penengahan, KSKP Bakauheni, Kasat Polair Polres Lampung Selatan, Kepala Wilker KKP Bakauheni, Ketua DPC. GAPASDAP Bakauheni, Ketua INFA Bakauheni, PT. Wijaya Karya Beton Tbk, PT. Rejeki Kurnia Alam, PT. Dynasti Mining, PT. Rajabasa Kedaton Makmur, Tokoh Agama Muara Bakau, Kadus Muara Bakau, Kadus Muara Piluk, Kadus Bakau Keramat.


Dalam sambutannya, Kepala Kantor UPP Kota Agung Capt. Tohara mengatakan kegiatan Padat Karya di Kota Agung diadakan selama 10 hari, dari Tanggal 8 Juni sampai dengan 18 Juni. Kegiatan sekarang sudah berjalan 90%.


Lanjut Capt. Tohara, adapun kegiatan padat karya yang kami laksanakan yaitu perawatan Dermaga Batu Balai Kecamatan Limau, pembersihan tritip pada tiang dermaga dan Vender, pengecatan dermaga. Dan untuk pekerja kami berdayakan masyarakat setempat 6 orang. 


"Kegiatan padat karya yang dilaksanakan di wilayah kerja Kota Agung bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat yang terkena dampak Pandemi Covid-19. Agar kita dapat mendongkrak kegiatan ini untuk membangun pola hidup produktif bagi masyarakat yang bersih, nyaman khususnya dilingkungan Kota Agung," jelas Capt. Tohara.





Dikarenakan keterbatasan anggaran, maka pelaksanaan seremonial yang dilakukan di Kota Agung disatukan dengan peserta gelombang ke II yaitu KSOP Kelas IV Bakauheni.


"Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik. Dengan adanya padat karya ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Karena kita memberdayakan masyarakat di wilayah kerja Pelabuhan Kota Agung," tutup Capt. Tohara.


Sementara itu, Abdul Hayat dalam sambutannya yang mewakili Wakil Ketua Komite II DPD RI menyampaikan bahwa kegiatan Padat Karya ini merupakan tindak lanjut dari penyerapan aspirasi masyarakat yang dilaksanakan oleh Komite II DPD RI serta rapat-rapat oleh tim tehnis Komite II DPD RI bersama Kementerian Perhubungan. 


"Kami dari DPD RI menyampaikan terimasih dan apresiasi kepada Ditjen Perhubungan Laut atas terlaksananya sinergitas antara DPD RI dengan Kementrian Perhubungan sebagai mitra kerja dalam rangka mendorong pembangunan di daerah melalui program padat karya," ucap Abdul Hayat.


Tambahnya, sebagaimana diketahui, pada Tahun 2021 Kementerian Perhubungan mendaptkan pagu anggaran sebesar Rp. 45,6 Triliun. Sementara yang dibutuhkan Kementerian Perhubungan sebesar Rp. 41,3 Triliun. Ini terlihat bahwa kita semua, baik Pemerintah maupun DPD RI dalam hal ini Komite II berharap besar kepada Kementerian Perhubungan mempercepat pertumbuhan perekonomian akibat Pandemi Covid-19.


"Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua dalam setiap upaya pembangunan Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang lebih baik," pungkas Abdul Hayat. (Ady)

Post A Comment: