Pesawaran (Pikiran Lampung) - Dugaan beberapa proyek jalan di Pesaaran dikerjakan secara 'serampangan' langsung dibantah oleh Kadis PU dan Penataan Ruang setempat, Zainal Fikri. Dia mengklaim bahwa semua proyek di Pesawaran sudah dikerjakan sesuai aturan yang ada. 

"Menilai suatu pekerjaan ada metode tertentu yang harus dikerjakan, dan bila ada pekerjaan diduga tidak sesuai ketentuan, maka saya akan segera tegur PPK dan pengawas yang ada di lokasi agar dapat dilakukan perbaikan, "jelasnya kemarin. 

Menurutnya jika ada kekurangan dalam realisasi proyek, itu tak lepas dari keselipan dalam pengawasan. 

"Namanya dinamika di lapangan dan semua itu bentuk keterbatasan pengawas kami, mengingat satu pengawas harus melakukan pengawasan di beberapa tempat, "kilahnya.

Sementara itu, indikasi yang menyebutkan pengaspalan tidak dilakukan pengerasan oleh alat berat di lokasi Desa Sukadadi Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, secara tegas Zaenal Fikri mengatakan piahaknya belum mengetahui persis persoalan tersebut dan dalam waktu dekat akan segera turun ke lokasi proyek untuk memastikan apakah benar rekanan tidak mengunakan alat berat saat pemadatan.

" Kita akan turun, habis lebaran ini guna memastikan informasi yang menyebutkan pengaspalan tidak dilakukan pengilingan oleh alat berat. dan bila di lapangan benar tidak mengunakan alat berat maka kita akan tegur rekanan untuk kembali melakukan pemadatan mengunakan alat berat," ujar Zaenal

Namun demikian Zarnal Fikri setiap saat sebelum dimulai nya pekerjaan selalu mengingatkan PPK dan pengawas dapat melakukan pengawasan.

Meskipun tidak memaparkan secara terperinci panjang dan lebar serta ketebalan proyek pembangunan jalan hotmik mengunakan anggaran DAK APBD Ta. 2021. Namun demikian pihaknya akan melihat secara keseluruhan.

Pria itu menyebutkan mengenai audit yang di lakukan oleh BPK dan setiap tahun memang BPK memperoleh temuan tetapi apapun bentuk nya setiap pekerjaan pasti ada temuan.

"Ketika ada teguran dari BPK kami memiliki hak jawab, menerima atau tidak menerima.  Bilamana ada temuan kami memiliki toleransi atau hak jawab dan di lampirkan bukti untuk melakukan tehnis. Kita pastikan di Pesawaran jauh lebih baik dari pada kabupaten lain. Untuk itu pihak BPK memastikan tidak ada masalah,"ujar nya. 

Kadis ini mengklaim proyek di Pesawaran tidak ada temuan BPK. karna Bumi Andan Jajama memperoleh  WTP . 

"Mengenai pekerjaan yang diduga belum selesai pihak rekanan akan melaksanakan lanjutan setelah termin dibayarkan, "pungkasnya. (Agung)




Post A Comment: