Bandarlampung (Pikiran Lampung
) - Sebagai sebuah lembaga pendidikan, SMAN 15 Bandarlampung terus berpacu untuk meningkatkan kualitas untuk siswa dan dewan gurunya. Salah satunya dengan membangun perpustakaan yang lengkap, nyaman dan modern. 

" Kita berharap dapat bantuan dari pemerintah agar rencana kami untuk merenopasi perpustakaan yang nyaman dan lengkap bisa terwujud, "ujar Kepala SMAN 15 Bandarlampung, Maria Habiba. S.Pd, MP.d, baru -baru ini, didampingi waka. kesiswaan, Hi. Haryono,S.Pd dan Waka humas, Marfilia Arum Sayekti,S

Menurut Maria, saat ini SMAN 15 terus merancang agar perpustakaan sekolah tersebut bisa segera direnovasi. " Nantinya kita rencanakan perpustakaan SMAN 15 bisa lebih besar serta modern. Dengan demikan siswa lebih nyaman dan minat baca semakin meningkat, "jelasnya. Saat ini pihaknya sedang mensinergikan anatara perpustakaan di sekolah dan perpustakaan digital. " Kami ingin terus terbang tinggi dan membawa SMAN 15 punya standar kualitas yang mumpuni, sehingga bisa melahirkan bibit unggul masa depan yang bisa membawa kemajuan bagi Indonesia dan Provinsi Lampung, "pungkas Maria. 

Seperti diberitalan sebelumnya, untuk menambah minat baca dan pengetahuan siswa, pihak SMAN 15 Bandarlampung meluncurkan program Perpustakaan Digital atau Smart Library. 

Peluncuran Perpustakaan digital ini dilakukan secara virtual dengan melibatkan 100 orang peserta, Senin (12/7/2022). Ditemui di ruang kerjanya, kepsek SMAN 15 Bandarlampung, Maria Habiba, S.Pd, M.Pd mengatakan, konsep dari Perpustakaan digital ini adalah bagaimana menumbuhkan semangat serta minat baca kepada siswa dan guru. " Konsep awal kita, dengan adanya Perpustakaan digital ini, baik siswa maupun guru semakin maju wawasannya.  Jadi tidak tergantung dengan buku buku wajib pelajaran yang ada di perpustakaan sekolah,"jelasnya didampingi waka. kesiswaan, Hi. Haryono,S.Pd dan Waka humas, Marfilia Arum Sayekti,S.Sos


Dengan begitu, kata dia, ilmu pengetahuan siswa dan guru semakin maju dan berkembang sesuai dengan era digital saat ini. 

"Dalam Perpustakaan digital itu, ada sekitar delapan ribu judul buku.Baik ilmu pengetahuan, sejarah maupun cerita legenda, "jelas Maria. Dia berharap dengan adanya Perpustakaan Digital ini bisa semakin menumbuhkan minat baca  dan menambah wawasan serta kecerdasan siswa. 

" Perpustakaan digital ini bisa dinikmati siswa di rumah maupun di sekolah, karena sudah ada pojok baca di sekolah yang dilengkapi wifi, jelasnya,  Aplikasi Perpustakaan digital SMA15 ini didukung oleh Gramedia. Pada peluncuran Perpustakaan digital ini diikuti oleh guru dan siswa juga perwakilan dari Gramedia serta dari Dinas Pendidikan Lampung. 

Sedangkan menurut Raja Tubagus Wijaya Kusuma Assistant Store Manager Gramedia Bandung menyampaikan, di digital platform ini bisa menjadi media literasi untuk bangsa Indonesia terutama nya buat SMA Negeri 15 Badar Lampung, dan saya juga mengucapkan terimakasih atas kolaborasi dan kerjasamanya.

“Jadi kalau kita berbicara literasi bukan hanya proses membaca saja disitu anda bisa menulis, memahami, dan bisa mengembangkan,” ucapnya.

Perpustakaan digital ini yang kami punya adalah sebuah aplikasi digital pertama yang ada di Indonesia, yang bisa memfasilitasi dengan keadaan seperti saat ini yang terbatas. Sehingga semua masyarakat di Indonesia bisa mengakses sesuai dengan kepentingan masing-masing.

“Kemudian prosesnya juga sama dengan bentuk perpustakaan fisik seperti bisa pinjam lalu dikembalikan dengan jangka waktu yang ditentukan, dan bisa mengakses dimana pun dan kapanpun asalkan ada akses internetnya,” tambahnya.

“Semoga adik-adik SMA Negeri 15 Badar Lampung bisa lebih maju dan berkembang melalui perpustakaan digital ini,” tutupnya.Untuk diketahui, SMAN 15 Bandarlampung adalah sekolah pertama di Lampung yang meluncurkan Perpustakaan Digital atau smart Library ini.( wawan) 


Post A Comment: