Pesawaran (Pikiran Lampung) -
Dalam rangka menggerakan kepedulian umat di Kabupaten Pesawaran  terhadap berbagai isu sosial, kemanusiaan dan perekonomian, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran,  Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pesawaran dan ACT Bandar Lampung siap berkolaborasi. 

Menurut Kepala Kantor Kemenag Pesawaran H. Wasril Purnawan, SE, M.Si pihaknya sudah mulai menggeliatkan kepedulian umat dengan mengajak penyuluh KUA setiap Kecamatan untuk mewujudkan Masjid percontohan dimana menaikan peran Masjid tidak hanya menyelenggarakan ibadah namun juga berperan dalam menggerakan perekonomian jamaah. 

Lanjutnya,  dengan hadirnya berbagai element termasuk DMI dan ACT, project kebaikan yang akan dikerjakan secara bersama menjadi lebih luas dan terstruktur.  Seperti yang nyata saat ini tidak semua Masjid maupun Pondok Pesantren memiliki fasilitas yang lengkap misalnya sumber air bersih, untuk itu dapat menggerakan kedermawanan umat melalui Patungan Wakaf untuk membangun Sumur Wakaf dan Fasilitas MCK nya. 

"Pada dasarnya kami menyambut baik rencana kolaborasi ini,  tinggal detilkan apa yang akan dikerjakan bersama dan tentu bagaimana transparasi untuk membuat trust umat menjadi kuat," jelasnya. 

Ketua DMI Kabupaten Pesawaran Drs. Z. Mu'allimin, M.Pd. I mengatakan bahwa jamaah Masjid sangat mudah diajak untuk menyalurkan kepedulian selama jelas project kebaikan dan dikelola oleh Lembaga yang terpercaya. Selain itu jamaah juga membutuhkan transparasi berupa kemudahan akses data terhadap proses penggalangan dan penyaluranya.

"Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pesawaran sangat terbuka terhadap setiap kolaborasi selama bermanfaat untuk umat dan jelas pengelolaanya," jelasnya.

Kepala Cabang ACT Bandar Lampung Fajar Yusuf Dirgantara sangat bersyukur dan berterimakasih dengan arahan dan keterbukaan Kemenag Pesawaran maupun DMI Pesawaran untuk berkolaborasi menggerakan kepedulian umat.  Menurutnya selama ini ACT dalam mengerjakan project sosial tak pernah lepas dari dukungan stakeholder terkait.

Lanjutnya,  kerja sosial yang dilakukan ACT tak lepas dari ikhtiar dakwah mewujudkan peradaban yang lebih baik sehingga arahan dari Pimpinan Kemenag Pesawaran dan DMI Pesawaran sangat bermanfaat untuk nantinya mengajak umat saling peduli dan berbagi. 

"Terimakasih sudah disambut baik dan dapat berdiskusi langsung, semoga ini dapat memasifkan gerakan kedermawanan umat di Kabupaten Pesawaran, " tutupnya.(wan) 

Post A Comment: