Bandarlampung (Pikiran Lampung
) - Bencana banjir dan longsor di Jalur lintas barat (Jalinbar) Semaka Tanggamus, langsung direspon cepat oleh pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) wilayah Provinsi Lampung. 

Menurut PPK BPJN Lampung, Marsudi, pihaknya telah menurunkan sejumlah alat berat dan pengakut lumpur. " Ya tadi pagi sekitar pukul 8,30 wib alat berat kita telah tiba di lokasi bencana, "jelasnya, Senin (31/8/2021). Menurutnya, alat berat itu berupa, 2 eskavator dan 4 dum truk.


" Semua alat itu untuk membersihkan  jalan dari lumpur dan pepohonan yang tumbang. Kita upayakan sore ini jalan sudah bisa dilalui kendaraan dengan lancar, "jelasnya. Saat ini kata dia, alat berat sedang bekerja melakukan pembersihan. 

Menurutnya, ada lima titik longsor yang terjadi di jalur Semaka.  Yakni, longsor titik 1 km 121+900, panjang 50 m, tebal timbunan material 40 cm

" Kemudian, longsor titik 2 km 122+250, panjang 40 m, tebal timbunan material 40 cm. Longsor titik 3 km 122+550~panjang 45 m, tebal timbunan material 35 cm. Longsor titik 4 km 122+65~panjang 40 m ~tebal timbunan material 35 cm. Longsor titik 5 km 123+600~panjang 15 m ~tebal timbunan material 25 cm. 

Longsor titik 6 km 125+150~panjang 50 m ~tebal timbunan material 35 cm., "jelasnya.  Pihaknya akan bekerja maksimal agar supaya longsor bisa dibersihkan dengan maksimal. 


Seperti diberitakan sebelumnya, pasca hujan deras tadi malam, musibah banjir dan longsor kembali terjadi di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus, Selasa (31/08/21) pagi. 

Material banjir dan longsor sempat menutup akses jalan baik dari arah Wonosobo maupun sebaliknya, sehingga personel rayonisasi dan Sat Lantas Polres Tanggamus melaksanakan pengaturan di sejumlah titik. 

Berdasarkan data yang dihimpun Polsek Semaka Polres Tanggamus material longsor menutup 2 titik di jalan Pekon Way Kerap area sekitar Mapolsek Semaka dan 3 titik ke arah simpang Sedayu dengan material lebih sedikit. 

Arus lalu lintas dari kedua arah bisa dilalui oleh semua kendaraan namun dilakukan buka tutup sebab terdapat kendaraan truck bermuatan kelapa sawit mengalami patah As di titik kedua sekitar area Mapolsek Semaka. (Ady/wawan) 






Post A Comment: