Tulang Bawang (Pikiran Lampung
)-Masyarakat 3 kampung yang ada di Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulangbawang yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan, mendukung program pemerintah untuk melakukan pendalaman di aliran muara sungai (way) Tulangbawang.

Ketiga kampung tersebut yakni, masyarakat Kampung kuala Teladas, Way Dente, Teladas dan Kampung Mah abang, telah sepakat untuk mendukung adanya program pemerintah untuk melakukan pendalaman di muara Sungai Tulangbawang. 

Jarot (23), warga masyarakat Kuala Teladas yang berprofesi sebagai nelayan tradisional mendukung sepenuhnya untuk melakukan pendalaman muara sungai Tulangbawang.

" Saat ini kami merasa kesulitan untuk melewati lintasan muara tersebut karena sangat dangkal , kadang- kadang kapal kami kandas ditengah dan berakibat patah kipasnya, sehingga perjalanan kami tertunda untuk mencari ikan," jelasnya saat ditemui di lokasi muara sungai Tulangbawang, "jelasnya, Ahad (22/8/2021). 

Ditambahkannya, keuntungan apabila muara tersebut dilakukan pendalaman , maka dapat dikatakan ikan yang berada di laut lepas akan masuk berkeliaran di muara terasebut. " Dan kami akan mudah untuk mencari ikan , mengingat kami selaku nelayan tradisional dengan menggunakan alat jaring tangkap tidak perlu jauh-jauh ke laut lepas untuk mencari ikan seperti sebelumnya, "jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Nuryadi,nelayan Teladas." Pada intinya kami sangat mendukung sepenuhnya untuk pendalaman muara sungai tersebut, nantinya dapat dipastikan kapal-kapal besar akan masuk ke kampung kami,untuk menjual hasil tangkapan mereka atau sebliknya. Selama ini kapal- kapal besrt tidk berani masuk ke kmpung kami karena kandas, apabila dilakukan pendalaman maka dapat dipastikan perekonomian kami akan meningkat,"jelasnya, yang juga diamimi oleh Ali Nurdin (26) nelayan tradisional dari Dente Teladas.

Terpisah Ibu Mery Lelyana Lingga sebagai Advisor KSO PT. Sienar Tri Tunggal Perkasa yang dipercaya untuk melakukan pendalaman muara sungai *Tulangbawang, mengatakan, pendalaman ini adalah program Gubernu Lampung dan Dinas Perhubungn Provinsi Lampung .

Seyogyanya tahun 2016 program tersebut sudah diajukan akan tetapi baru terlaksana pada tahun ini, yang nantinya setelah selesai dilakukan pendalaman akan dibangun pelabuhan untuk kapal besar.

" Sebelum dilakukan pembangunan pelabuhan terlebih dahulu dilakukan pendalaman sebagai persiapan, dan untuk pendalalmannya kami diberikan waktu oleh pemerintah selama 4 tahun dan dapat kami pastikan selama 2 tahun pekerjaan tersebut telah rampung,"

Dilanjutkan Mery, kami berharap kepada seluruh masyarakat yakni masyarakat DenteTeladas, Way Dente, kuala teladas dan mahabang dapat mendukung program Gubernur lampung, yang nantinya apabila telah dibangun pelabuhan untuk Kapal-kapal besar tentu secara otomatis perekonomian masyarakat tersebut akan meningkat, tutupnya ( Ida )

Post A Comment: