Bandarlampung (Pikiran Lampung
) -Dalam rangka seminar wartawan regional Lampung tahun 2021, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung mengajak masyarakat untuk mencintai rupiah sejak sekarang.

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah Hendra Irawan mengatakan, cinta rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain rupiah secara mendalam.

"Jadi  kita semua terutama masyarakat harus memperlakukan rupiah secara tepat serta menjaga diri dari kejahatan uang palsu," katanya saat seminar di Grand Elty Lampung Selatan, Sabtu (9/10).

"Masyarakat memiliki kecintaan untuk mengenali filosofi Rupiah, merawat Rupiah, dan menjaga diri dengan pengetahuan penanggulangan upal," kata dia.

Selain itu, Hendra juga mengaku cinta rupiah bisa dilakukan dengan tiga M yakni mengenali, merawat, dan menjaga rupiah tersebut.

"Cara untuk cinta rupiah yakni mengenali ciri keasliannya (warna rupiah terang dan jelas, terdapat benang pengaman, colour shifting, gambar tersembunyi multi warna, gambar tersembunyi dan lainnya" ujar dia.

"Kemudian merawat rupiah dengan cara jangan dilipat, dicoret, distapler, diremas dan  dibasahi, lalu setiap orang  harus menjaga rupiah jangan malah memalsukan rupiah," ungkapnya.(vei) 

Post A Comment: