Lamsel (Pikiran Lampung)---- W
akil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) berharap Institut Teknologi (Itera) ke depan mampu menjadi Universitas berkelas dunia atau World Class University. 

Hal itu disampaikan Wagub Nunik saat menghadiri Sidang Terbuka Itera dalam rangka Dies Natalis ke- 7 Tahun 2021 "Karya Cipta, Jasa Mulia" di Aula Gedung Kuliah Umum Itera, Rabu (6/10/2021). 

"Semoga ke depan dan dalam waktu yang tidak lama, Itera mampu berdiri sejajar dengan ITB dan ITS, bahkan mampu menjadi World Class University yang menjadi Center of Excellent dan menghasilkan teknokrat-teknokrat yang professional," ujar Wagub Nunik. 


Nunik mengatakan meski di usia Itera yang masih muda, namun banyak hal konstruktif dan produktif yang telah dikontribusikan oleh Itera bagi pembangunan Lampung dan Indonesia. 

"Berbagai hal baik yang telah kita bangun dan peroleh harus terus kita tingkatkan, berbagai kekurangan dan tantangan ke depan harus kita perbaiki dan jawab bersama," katanya. 

Menurutnya, sinergi dengan stakeholder terkait juga menjadi energi penting untuk menjawab tantangan yang semakin kompleks dan dinamis di era revolusi industri 4.0. 


"Semoga dies natalis ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, kerja sama dan ikut bersinergi mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Lampung yang kita cintai," ujarnya. 

Nunik menjelaskan Pemerintah Provinsi Lampung tengah gencar mengupayakan  beberapa program prioritas yang saat ini telah mulai direalisasikan. 

"Disinilah peran aktif seluruh perguruan tinggi sangat saya harapkan," katanya. 

Nunik mengajak semua pihak termasuk perguruan tinggi untuk terus melakukan perubahan pola pikir, perubahan cara kerja, produktivitas, disiplin dan inovasi. 

"Tentunya kurikulum dan metode pendidikan juga harus berubah dan kompetensi SDM yang dibutuhkan juga harus berubah," ujarnya. 

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo saat sambutan secara virtual mengatakan Itera yang saat ini terbilang di usia remaja, bisa langsung berinovasi melalui strategi-strategi barunya. 

Jokowi meminta Itera dan perguruan tinggi yang masih diusia remaja lainnya, untuk terus mengembangkan strategi baru yang lebih praktis, efektif dan efisien. 

"Manfaatkan kebijakan merdeka belajar dan kampus merdeka dan manfaatkan eduteks," ujar Jokowi. 

Jokowi juga mendorong perguruan tinggi untuk melakukan kerjasama besar-besaran dengan pelaku-pelaku industri untuk mengembangkan inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan. 

"Dan mendidik mahasiswa untuk menyongsong pekerjaan masa depan yang terus dinamis dan berubah," katanya. 

Dalam kesempatan sama, Rektor Itera Prof Mitra Djamal mengatakan selama kurun waktu lima tahun terakhir, Itera telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik maupun non akademik serta melaksanakan percepatan pembangunan. 

"Dalam dua tahun terakhir juga, mahasiswa Itera ikut menyelenggarakan kegiatan maupun kejuaraan perlombaan dibidang akademik maupun non akademik baik bersifat lokal, nasional maupun internasional," ujar Mitra. 

Pada kesempatan itu, adanya pemberian Penghargaan seperti Adi Karsa Utama, Adi Karsa Madya, Adi Karsa Pratama, Cendekia Utama dan Adi Nayaka bagi mereka atas jasa dan kontribusinya dalam pembangunan ITERA. 

Dalam rangka Dies Natalis ke- 7 ITERA juga dilakukan peresmian gedung baru ITERA yaitu Rumah Ibadah Multi Agama, Gedung Laboratorium Teknik 5 dan satu Teleskop OAIL.(Adpim)

Post A Comment: