Bandarlampung (Pikiran Lampung
) -Hajat besar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung bertajuk Peringatan Hari kopi International, Sabtu (2/10/2021) sukses besar. 

Dimana, salah satu rangkaian acara tersenut yang cukup menarik perhatian publik yakni, Lomba Video Kreatif International Coffee Day. 


Dan Putri Farisa Sussandi, mahasiswi Universitas Lampung berhasil meraih juara pertama pada ajang tersebut. Dia berhak atas piala, piagam dan uang pembinaan. 

Dara cantilk yanng lahir 20 Agustus 2000 itu, saat ini masih kuliah di Fakultas Hukum Unila. 

Putri dari Desti Arisandi Pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Lampung dan Dedi Susilo pengusaha ini, berhasil keluar sebagai pemenang setelah menyisihkan ratusan peserta lainnya. 


Video Putri yang betjudul Proses Terciptanya Biji Kopi Bermutu berhasil memukau para dewan juri pada ajang tersebut. Video itu terlihat sangat jernih dan edukatif saat diputar pada acara puncak peringatan kopi duni di lapangan Enggal Bamdarlampung, Sabtu (2/10/2021) yang juga dihadiri gubernur Lampung. 

Dalam video itu terlihat sangat jelas paparan Putri mengenai proses hadirnya biji kopi pilihan. Khususnya biji kopi yang Lampung yang sudah terkenal kualitasnya di suluruh dunia.  Para undangan yang hadir memberikan tepuk tangan yang meriah dan antusias menyimak video tersebut termasuk Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Kadis Perindag Lampung.  


Dihubungi terpisah, Putri mengaku Senang dengan penghargaan ini. " Ya senang banget pal, gak nyangka aja bisa jadi juara, padahal saingannya banyak Dan bagus -bagus semua videonya," ujar dara cantik cucu dari Hi. Sulhan & Hj. Suhyah ini. Dia berharap karyanya tersebut bisa menginspirasi kaum muda di Lampung. 

Putri berharap, Kopi Lampung terus bisa dikembangkan jadi Komoditi andalan dalam rangka menuju Lampung berjaya.


Sementara itu, mewakili Kepala Dinas Perindag Lampung, Elvira Umihanni, S.P., M.T., Ketua Tim Seleksi Lomba Video Kreatif peringatan hari Kopi International, Hayudidian Utomo mengatakan, tujuan dari diadakannya lomba ini adalah untuk memmberikan wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan hobinya. 

" Ide untuk lomba video Kreatif ini adalah murni datang dari ibu kepala Dinas, yang tujuaanya untuk memberikan wadah bagi generasi muda di Lampung untuk menyalurkan kreatifitasnya, "jelasnya.


Peaerta lomba kata dia, datang dari seluruh Lampung, yang jumlahnya 100 lebih karya video yang masuk ke tim Seleksi." Ada ratusan video yang masuk dan kita Seleksi," jelasnya. 

Hayudian yang juga kasi di Bidang Perdagangan Dinas Perindag Lampung ini mengatakan para pemenang diberikan piagam uang pembinaan dari Disperindag Lampung. 

Sementara itu, acara International Coffee Day(ICD) yang diinisiasi oleh Disperindag Lampung berjalan sukses dengan dibuka language oleh Gubernur Lampung Arinal DJunaidi. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni, dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan peringatan ICD Tahun 2021, yang mengusung tema "Indonesia Negeriku, Lampung Kopiku, Kopi Lampung Berjaya" ini, diharapkan mampu mengenalkan Kopi Robusta khas Lampung serta meningkatkan konsumsi kopi lampung baik secara Lokal, Nasional, maupun Internasional


"Harapannya dengan kegiatan ini dapat lebih mengenalkan kopi lampung, kemudian memperkuat budaya minum kopi di masyarakat,  sehingga meningkatkan konsumsi kopi dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian para petani kopi di Lampung. Selain itu semoga kegiatan ini juga dapat memotivasi petani kopi untuk terus meningkatkan produksi dan kualitas kopinya," ugkap Elvira.

Melalui International Coffee Day 2021 yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung bekerjasama dengan seluruh Industri Kecil Menengah yang ada di Provinsi Lampung, diharapkan sebagai ajang promosi peningkatan konsumsi kopi. Juga dilaksanakan dalam rangka memperkuat budaya minum kopi yang sudah mengakar sejak lama bagi masyarakat di Provinsi Lampung.






Post A Comment: