Lamsel (Pikiran Lampung
)-Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Bagian Barat (Kanwil DJBC Sumbagbar) mengamankan 928.000 batang rokok ilegal asal daerah Tanggul Angin, Pasuruan dan Demak, Kamis (14/10).

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kantor Wilayah Sumbagbar Kunto Prasti Trenggono menjelaskan, barang ilegal ini merupakan hasil operasi penindakan yang dilakukan di Pintu Keluar Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.  

"Ini hasil operasi penindakan yang sebelumnya tim bea cukai memperoleh informasi dari masyarakat terkait adanya sebuah truk dari pulau Jawa yang hendak menyeberang menuju Lampung yang diduga mengangkut hasil tembakau illegal berupa rokok," katanya.

Maka dari itu, menindaklanjuti informasi tersebut Tim DJBC Bea Cukai Sumbagbar langsung bergegas untuk melakukan kegiatan operasi atau patroli darat dengan menyisir Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. 

Kemudian, tim berhasil menemukan Truk Colt Diesel dengan nomor polisi BG 87XX FQ yang diduga mengangkut hasil tembakau ilegal atau rokok ilegal di Pintu keluar Pelabuhan Bakauheni sehingga langsung dilakukan pemeriksaan terhadap truk tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan didapati rokok berbagai merek yang tidak dilekati pita cukai dengan total 928.000 batang rokok dengan diperkirakan nilai barang sebesar Rp946.560.000," ungkap dia.

"Rokok tersebut dikemas dalam karton yang dikamuflase muatannya dengan barang pindahan. Adapun muatan rokok ini berasal dari daerah Tanggul Angin, Pasuruan dan Demak. Dan penindakan terhadap rokok ilegal ini dapat berpotensi menimbulkan kerugian negara sekitar Rp622.056.960," kata dia.

Ia mengaku seluruh barang bukti, sarana pengangkut dan pengemudi langsung diamankan menuju Kantor Wilayah Bea Cukai Sumbagbar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Saat ini masih dilakukan proses pengembangan dan penyelidikan atas kasus tersebut. Penindakan hasil tembakau ilegal tersebut diduga telah melanggar Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 11 Tahun 1995 tentang Cukai,"tutupnya.(vei) 

Post A Comment: