Lambar (Pikiran Lampung
) -Jajaran Polres Lampung Barat Polda Lampung menggelar apel gelar Pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau tahun 2021. Pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Zebra dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan di Lapangan Mapolres Lampung Barat, Senin (15/11/2021).

Waka Polres Lampung Barat Kompol Poeloeng Arsa Sidanu S.IK selaku inspektur upacara mewakili Kapolres Lampung Barat AKBP Hadi Saepul Rahman S.IK. menyampaikan amanat Kapolda Lampung, mengucapkan terima kasih kepada segenap stake holders bidang lalu lintas dan tamu undangan atas kehadirannya pada apel gelar pasukan operasi zebra krakatau 2021 pada hari ini. "Saya berharap sinergitas yang telah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan, "jelasnya.


Permasalahan di bidang lalu lintas, kata dia, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, dimana operasional pelayanan angkutan publik sudah berada dalam genggaman cukup dengan menggunakan alat komunikasi. modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri, khususnya polisi lalu lintas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi, diantaranya adalah etle, sim online, signal (samsat digital nasional), e-samdes (samsat desa),” terang Waka Polres.


Polda Lampung dan jajaran akan melaksanakan operasi kewilayahan fungsi lalu lintas dengan sandi “ops zebra krakatau - 2021”dengan melibatkan 551 personel polri dan 554 personel TNI serta instansi terkait selama 14 hari, dimulai dari tanggal 15 sampai dengajln 28 November 2021, secara serentak di seluruh indonesia dalam rangka “mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap serta pencegahan. penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin masyarakat dan menegakkan protokol kesehatan”, dengan mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta simpatik humanis,” jelas Waka Polres. 

Tujuan operasi zebra krakatau 2021 tahun ini adalah menurunnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas dan menurunnya angka penularan covid-19 khususnya di wilayah Hukum Polda Lampung.

Sedangkan sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan (PG) , ambang gangguan (AG), dan gangguan nyata (GN) yang berpotensi dapat menyebabkan pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas serta penyebaran covid-19,” Ucap Waka Polres.

Ada beberapa penekanan yang perlu saya sampaikan : 

1. selalu memohon doa kepada allah swt tuhan yang maha esa sebelum melaksanakan tugas sehingga

    selalu dalam lindungannya; 

2. Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan tugas; 

3. Hindari perbuatan kontra produktif yang dapat merusak citra polri serta tetap menjaga marwah polri; 

4. Tidak berorentasi pada gakkum lantas / tilang tetapi lebih mengutamakan kegiatan preemtif dan   prefentif serta tindakan simpatik dan humanis.

5. Laksanakan tugas dan pedomani standar operasional prosedur yang ada dalam setiap melaksanakan tugas.

Sementara kasat lantas Iptu Made Erdiana Putra S.Tr.K.,M.H. menerangkan Operasi Zebra krakatau 2021 yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 15 s.d 28 November 2021 bertujuan untuk membangun budaya masyarakat yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas dan diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya serta masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid 19.(ags/pl) 

Post A Comment: