Jakarta (Pikiran Lampung)
-Ketua DPR RI Puan Maharani turut menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Panglima TNI hari ini. Kepada Panglima TNI yang baru, Jenderal Andika Perkasa, Puan menitipkan pesan khusus.

Sertijab dari Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Jenderal Andika Perkasa digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/11/2021). Pelaksanaan sertijab berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 106/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang ditetapkan pada 17 November 2021.

“Dengan pergantian pimpinan di tubuh TNI, semoga TNI dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya menjaga kedaulatan NKRI dengan semakin lebih baik lagi,” kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu pun berharap Jenderal Andika melanjutkan tugas-tugas yang sudah dimulai dan dilaksanakan Marsekal Hadi secara profesional. Puan lantas menyampaikan pesan khusus untuk Jenderal Andika.


“TNI sebagai salah satu elemen bangsa yang bertugas dalam penanganan pandemi Covid-19, saya secara khusus meminta agar TNI menjadi garda terdepan program vaksinasi di daerah-daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal),” pesannya.

Lebih lanjut, Puan berharap TNI terus membantu dalam pengawasan serta penegakkan disiplin protokol kesehatan. Apalagi dilaporkan ada sebanyak 17 ribu orang yang positif Covid-19 bebas beraktivitas di fasilitas publik seperti mal berdasarkan pantauan aplikasi PeduliLindungi.

“Peran TNI sangat diperlukan untuk membantu pemerintah mengingatkan agar masyarakat disiplin protokol kesehatan walaupun kondisi Pandemi Covid-19 sudah lebih baik,” ujar Puan.

Kesadaran masyarakat dinilai penting, terutama jelang masa libur hari raya Natal 2021 dan tahun baru 2022. Agar Indonesia tidak mengalami gelombang ketiga Covid-19, kata Puan, sosialisasi yang masif serta penegakan aturan harus diutamakan.

“Pemerintah sudah mengumumkan akan menerapkan kebijakan PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Natal dan tahun baru. Mari semua elemen bangsa bekerja sama mengingatkan masyarakat agar mematuhi ketentuan tersebut,” tutur Puan.

“TNI bersama instansi lain seperti Polri, dapat mengawal kebijakan ini untuk memastikan masyarakat tetap mengikuti petunjuk protokol kesehatan dari pemerintah,” sambung mantan Menko PMK itu.

Puan mengatakan, kepatuhan protokol kesehatan akan menjadi modal bagi Indonesia keluar dari pandemi Covid-19. Dia mengingatkan, jangan sampai Indonesia seperti sejumlah negara lain di Eropa, China, dan sejumlah negara bagian Amerika Serikat yang kini kembali mengalami lonjakan kasus Corona.

“Hindari dulu berpesta dan berkerumun saat libur akhir tahun nanti. Dan sebisa mungkin tidak bepergian ketika liburan. Jangan sampai Indonesia kembali mengalami kesulitan menghadapi Covid-19 seperti yang telah kita rasakan betapa sulitnya pertengahan tahun lalu,” tutup Puan.(wawan)

Post A Comment: