Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Situasi Pandemi Covid-19 saat ini tidak menyurutkan semangat Dr. Yudhinanto CN, SE.,MM.,CIQnR, dosen fakultas Bisnis Universitas Mitra Indonesia yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor IV Bidang  Kelembagaan untuk terus berkarya dan belajar.

Bersama 55 peneliti se-Indonesia mengikuti program Pelatihan dan Sertifikasi Peneliti Kuantitatif Internasional yang diselenggarakan PT. Metiri Aromata Tifara Nusantara, Peneliti Indonesia Maju (PIM), ESER Academy dan Certified Indonesia Social Sciences Researcher Association (CISSRA) bekerjasama dengan Komite Akreditasi Nasional (KAN), serta LSP Quantum HRM International.

Koordinator Konsorsium, Dr. Mashudi, Drs.,MM.,CIQaR.,CIQnR mengatakan, setelah mengikuti program ini, peseeta yang dinyatakan lulus berhak menyandang gelar CIQnR (Certified International Quantitative Research) dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).


Gelar CIQnR ini menjadi bukti profesionalitas dan kompetensi meneliti mereka sebagai peneliti.Kegiatan ini diselenggarakan secara online ini difokuskan untuk tenaga dosen, peneliti, konsultan, reviewer, dan atau assessor.

“Keputusan diadakannya sertifikasi ini didasari atas masih belum adanya sertifikasi person untuk para peneliti di Indonesia yang menjamin profesionalitas dan standar kualitas peneliti Indonesia,”ujarnya.

Mashudi memaparkan, pelatihan yang dilaksanakan secara daring via aplikasi zoom meeting ini dilaksanakan mulai tanggal 24-27 September 2021.

Pemateri dalam sertifikasi berbasis online kali ini antara lain; Prof. Burhan Bungin (Universitas Ciputra), Prof. Sugiyono (Universitas Negeri Yogyakarta), Prof. Pribadiyono (Quantum HRM Int), Dr. Mashudi (Universitas Diponegoro), Dr. Suyono Tamrin (univ. Pertahanan) dan Dr. Catur Suratnoaji (Univ. Veteran Surabaya).

Dr. Yudhinanto CN, SE.,MM.,CIQnR, berharap pelatihan ini bisa diikuti oleh semua dosen khususnya dosen pembimbing tugas akhir, baik program Diploma, Sarjana, juga magister sehingga mampu menguasai teknik metodelogi penelitian karena merupakan prinsip dasar tentang metode riset yang diterapkan dalam proses penelitian.

“Tujuan penelitian adalah mendapatkan suatu rumusan hasil dari suatu penelitian melalui proses mencari, menemukan, mengembangkan, serta menguji suatu pengetahuan, Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban sehingga penelitian dapat digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu permasalahan yang ada, yg pada akhirnya hasil dari penelitian dosen serta mahasiswa mampu memberikan kontribusi untuk memperoleh pengetahuan atau penemuan baru yang bermanfaat terhadap fenomena-fenomena kekinian,”pungkasnya (rls/*)

Post A Comment: