Bandarlampung (Pikiran Lampung
) - Membaca istighfar seusai solat atau dalam kesempatan  tertentu sangat baik dan dianjurkan. Namun ada istighfar yang sia- sia bila diucapkan oleh seorang Muslim bila tidak pada tempatnya

Kali ini Ustadz Adi Hidayat mengungkap tentang kalimat istighfar yang sia-sia tersebut

Orang yang memaksakan diri mengucapkannya akan tertimpa masalah besar sehingga harus dihindari. 

Dilansir Portal Jember.com dari video yang diunggah kanal YouTube Shaf Dakwah beberapa waktu lalu, menjelaskan tentang bacaan istighfar yang dimaksud.

Salah satu amalan ringan yang mampu menggugurkan dosa-dosa ialah membaca kalimat istighfar.

Kalimat mulia itu memiliki makna berupa permohonan ampunan kepada Allah, sehingga sangat mulia. Bahkan, kalimat itu disunnahkan oleh Nabi Muhammad untuk diucapkan setiap selesai sholat fardhu.

Orang yang mau mengucapkannya dapat diampuni dosa-dosanya dan sebagai penyempurna sholatnya.

Namun, menurut Ustadz Adi Hidayat ada bacaan istighfar yang harus dihindari umat Islam agar tidak kena masalah. 

Seseorang yang sengaja mengucapkannya bisa terkena masalah besar karena jauh dari esensinya.Adapun kalimat istighfar yang jangan sampai diucapkan setelah sholat itu, yakni yang tidak disadari maknanya.

Orang yang demikian akan terkena masalah berat karena hatinya sudah tidak bisa lagi mengingatnya

"Pertanyaan saya apakah setiap orang yang mengucapkan astaghfirullah menjadi ingat kepada Allah, itu masalahnya," tegasnya.

Orang yang mengucapkannya setelah sholat tapi tidak mengingat Allah bisa harus segera memperbaiki dirinya.

"Banyak orang pasca sholat mengucapkan astaghfirullah tapi kalimat itu tidak mengingatkan dia kepada Allah," katanya.Bahkan saat ini banyak orang yang istighfar setelah sholat tapi masih melakukan urusan dunia yang lain.

"Lisan anda mengucap astaghfirullah, tapi tangan anda megang handphone, pikiran anda melihat status," ujar Ustadz Adi Hidayat.

Itulah kalimat yang tidak boleh diucapkan, yaitu istighfar yang tidak disadari maknanya sehingga hati semakin jauh dari Allah. (Tim) 

Post A Comment: