Jakarta (Pikiran Lampung
) - Indonesia Khususnya warga Ibu Kota Jakarta berduka, ssalah satu tokoh politik yang dikenal tengah hati wafat. Ya, publik nasioanal dihentakkan dengan adanya berita wafatnya Abraham Lunggana alias Haji Lulung.  

Tampak, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Wakilnya, Ahmad Riza Patria mengantar jenazah eks Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana alias Haji Lulung ke liang lahat di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (14/12/2021). 

Bang Anies dan Riza yang juga didampingi Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma datang ke makam bersama rombongan jenazah yang diberangkatkan dari rumah duka di Jakarta Barat bersama puluhan orang lainnya.

Setiba di lokasi, Anies, Riza, dan Dhany merapat ke tenda tempat liang lahat Haji Lulung yang telah disiapkan. Hujan yang sebelumnya turun dengan deras sudah reda beberapa saat sebelum jenazah Haji Lulung tiba.

Selain Anies dan Riza, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan dan anggota DPR RI, Eko Patrio turut melawat ke pemakaman. Selain itu juga hadir Wakil Ketua MPR Arsul Sani.


Kemudian, Bupati Tangerang, Zaki Iskandar serta dua anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Golkar, Judhistira Hermawan dan Basri Bacho.

Sementara itu, ratusan warga yang sebagian berseragam ormas tampak berdesak-desakan menyambut jenazah Haji Lulung. Isak tangis terdengar saat jenazah Haji Lulung dimakamkan. Pelayat kemudian diminta membaca takbir dan Alquran surat pendek seperti Al Ikhlas.

Anies dan Riza tampak berdiri di dalam tenda, beberapa langkah dari liang lahat dan mengikuti proses pemakaman politikus PPP itu.

Bang Anies mengatakan, Jakarta kehilangan tokoh Betawi yang selama ini menghibahkan waktu, energi, hingga sumber daya untuk kemajuan masyarakat ibu kota.

"Bukan hanya sebagai ketua Bamus tetapi anggota DPR RI, tokoh di masyarakat, tokoh lingkungan yang semua kita hormati. Kami atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga," kata Anies kepada wartawan.

"Bahwa saudara, guru, dan seluruh keluarga besar Abraham Lunggana. Bahwa dia adalah orang yang mulia di mata kita. Insya Allah dia juga mulia di mata Allah," imbuhnya.

Anies menitipkan pesan kepada keluarga yang ditinggalkan untuk menjaga dan meneruskan perjuangan yang selama ini dilakukan oleh Lulung.

"Bagi keluarga, Abraham meninggalkan amal baik, meninggalkan amal besar, buat kita dan seluruh keluarga. Pegang ini sebagai sebuah kehormatan. Jaga nama ini sebagai sebuah kehormatan dan teruskan perjuangannya," katanya. 

Anies juga menilai Haji Lulung merupakan sosok yang peduli terhadap masyarakat kecil. Salah satunya terlihat saat Haji Lulung memperjuangkan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta mengenai pasar.

Anies menyebut selama ia berkomunikasi secara intensif dengan Haji Lulung, Tokoh Tanah Abang itu selalu membicarakan kepentingan masyarakat.

Menurut Anies, warga DKI Jakarta dan warga Betawi merasa begitu kehilangan sosok Haji Lulung. Hal itu terlihat dari ratusan masyarakat yang memadati pemakaman Haji Lulung meskipun diguyur hujan.

"Bisa dilihat di karet bivak ini, masyarakat, dari sekitar sini, tempat beliau tinggal, Tanah Abang, tumpah ruah semua datang, semua ingin mengantar, karena semua merasa kehilangan, semasa hidup dirasakan kehadirannya," ujar Anies.

"Beliau juga itu pembelajar, apa saja mau dipelajari, apa saja dia mau tau, dan kalau dia mempelajari sesuatu dia akan beritahu ke teman-temannya," tutup Anies.

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah PPP DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung meninggal dunia, Selasa (14/12). Lulung dikabarkan menghembuskan nafas terakhir pada pukul 10.51 WIB di RS Harapan Kita, Jakarta.

"Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun. Baru saja kabar duka cita. Ketua DPW PPP DKI abanda Haji Lulung Meninggal Dunia pada Selasa, 14 Desember 2021," kata politikus PPP Achmad Baidowi melalui keterangan tertulis.

Lulung diketahui sempat menjalani perawatan intensif karena serangan jantung. (CNN/P1) 

Post A Comment: