Lumajang (Pikiran Lampung
) - Gunung Semeru meletus, terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi, diertai APG, Sabtu (04-11-2021) sekitar pukul 15.00 Wib. 

Dari Beberapa video yang tersebar di media sosial dan group WhatsApp yang diperoleh Pikiran Lampung, nampak warga sekitar Gunung Semeru berlarian. Dan debu tebal tamapak menguap di udara. Beberapa kendaraan juga tamapak, tebal akibat debu. 


Belum diperoleh informasi secara pasti berapa korban jiwa akibat dari bencana ini. Dari foto dan video yang beredar Beberapa warga nampak mengalami luka Baker. 

Sebab dan akibat kejadian serta kebutuhan yang mendesak masih dikaji tim BPBD setempat.


Upaya yang dilakukan tim BPBD yaitu :

1. Pemantauan dan menyiagakan personil BPBD Kabupaten Lumajang.

2. +62 812-3894-864: Info BPBD Lumajang sudah mengirim genset dan masker ke daerah yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 16.16 Wib.


Wawan Hadi Siswoyo Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik mengatakan, guguran awan panas dan lahar dingin mengakibatkan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang gelap, berkabut, dan hujan serta aliran listrik padam. "Saat ini petugas fokus mengevakuasi warga, kejadian ini sama persis dengan yang terjadi pada tahun 2020 lalu," pungkasnya.(R.1)

Post A Comment: