Bandarlampung (Pikiran Lampung) -
Rasa penasaran warga tentamg data dan siapa sossok. Mayat wanita yang ditemukan di dalam rumah kosong di Desa Sabah Balau, Tanning Bintamg terungkap. 

Dari data yang Ada, wanita malang itu ternyata masih Pelajar di salaj satu SMP Negeri Bandarlampung, dan duduk di bangku kelaas 9.

Almarhumah bernama Dia Putri Andini (15), warga Kota Karang, Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Jenazah Putri Andini sendiri sudah dimakamkan di TPU Umbul Asem, Kota Karang, Bandar Lampung hari ini, Rabu (8/12/ 2021).

Dugaan sementara, Putri Andini adalah korban pembunuhan. Sebab, korban tewas dengan kondisi tanpa busana, dan kondisi mengangkang, dan sudah dikerubuti belatung. “Kasusnya masih dalam penyelidikan. Hasil visum juga belum keluar. Pelakunya juga masih dalam penyelidikan,” Kasat Reskrim Polres Lampung Selatan AKP Hendra Saputra.

Korban Putri Andini, selama ini tinggal bersama neneknya, Ernawati (40). Sementara kedua orang tuanya sudah bercerai dan entah dimana. Ernawati sudah sepekan mencari keberadaan Putri yang tak kunjung pulang-pulang. “Iya benar Putri Andini itu cucu saya. Mayatnya ditemukan daerah Sabah Balau,” kata Ernawati.

Menurut Ernawati, terakhir dia bertemu dengan cucunya pada 27 November 2021. Dari rumah Putri Andini pergi bersama seseorang diduga temannya. Sejak itu Putri Andini tidak pernah pulang. “Putri Andini selama ini tinggal bersama saya sejak orang tuanya bercerai. Sudah dimakamkan di TPU Umbul Asem,” katanya.

Teman korban menyebutkan Putri Andini, masih berstatus pelajar. Dia juga mendengar Neneknya mencari cari Putri Andini sebelum ditemukan meninggal di dalam rumah kosong di Sabah Balau. 

Pasalnya korban disebut-sebut sudah tidak pulang ke rumah sekitar lebih dari sepekan. Namun, pihak keluarga sempat tidak menaruh curiga saat kabar ditemukannya mayat wanita tersebut muncul.

Pihak keluarga akhirnya meyakini bahwa korban adalah Putri Andiri, setelah melihat jam tangan yang terpasang di pergelangan tangan mayat tersebut. “Tadinya ngga ada yang menyangka kalau itu dia (korban, red). Tapi sekitar sepekan lalu memang neneknya sempat nyariin dia,” kata Wulan, dirumah duka.

Meski tidak tau pasti penyebab kematian korban, namun Wulan menyebutkan isu yang beredar Putri telah menjadi korban pembunuhan dan ruda paksa. “Nggak tau meninggalnya kenapa, belum dijelasin juga. Tapi kabarnya jadi korban perkosaan, terus dibunuh,” katanya.

Kasat Reskrim Polres Lampung Selatan AKP Hendra Saputra membenarkan korban telah diketahui identitasnya. Korban adalah warga Bandar Lampung, dan sudah diantar kerumah duka. “Iya sudah diketahui, hari ini dimakamkan di Bandar Lampung,” kata Hendra.

Terkait hasil autopsi, Hendra belum mau memastikan apakah mayat wanita tersebut merupakan korban pemerkosaan dan pembunuhan. “Masih dalam penyelidikan. Nanti ya, masih pengembangan. Nanti akan kita kabarkan setelah hasil keluar, ya,” ucap Hendra.

Saat disinggung bahwa pihaknya sudah mengamankan beberapa pelaku, Hendra membantah. “Belum ada, saat ini kita masih pengembangan, nanti kalau sudah ditangkap bakal dikabari,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Jajaran Polres Lampung Selatan (Lamsel) terus melakukan penyelidikan terkait adanya penemuan mayat di Dusun 1 C, Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Lamsel, Ahad (5/12/2021) lalu. 

Kapolres Lampung Selatan (Lamsel) AKBP Edwin, SH, SIK, M.Si.membenarkan penemuan mayat tersebut. " Ya benar, telah ditemukan mayat berjenis kelamin wanita, berumur sekitar 24 tahun.  [7/12 13.00] Kapolres Lamsel Erwin: Berpakaian daster terusan, berambut lurus hitam dengan panjang rambut sekitar 30 cm,"jelasnya, Selasa (7/12/2021). 

Jajarannya saat ini kata Edwin, masih terus melakukan pendalaman dan penyelidikan. " Saat ini masih dalam penyelidikan dan mayat masih kami otopsi, "pungkasnya. 


Terpisah, Kasatres Polres Lamsel, AKP Hendra Kasrim menyatakan, pihaknya hingga saat ini terus melakukan pendalaman. " Saat ini kita masib menunggu hasil otopsi dan belum berani menyimpulkan apapun, " Jawabnya singkat melalui pesan WhatsApp. 

Sementara itu dari keterangan tokoh masyarakat setempat yang didapat Pikiran Lampung menyebutkan, jika dugaan sementara wanita itu merupakan korban perkosaan. " Kalau dugaan sementara, wanita itu korban pembunuhan dan pemerkosaan. Tapi ini hanya dugaan ya, pastinya kita tunggu hasil penyelidikan polisi. Kita percayakan kepada pihak Polres Lamsel, " Jelas Arif Gunawan, atau biasa disapa Mas Gun, tokoh masyarakat Desa Sabah Balau. 

Dari data yang diperoleh Pikiran Lampung, menyebutkan adanya penemuan Mayat, diperkirakan wanita, umur seikitar 30 tahun di dusun 1 C Desa Sabah Balau Kec. Tanjung Bintang Kab. Lamsel, paca hari Minggu, 05 Desember 2021 sekira pukul 12.00 WIB. 


Penemuan ini dilaporkan oleh warga setempat. Tentang adanya penemuan mayat  di rumah. Zhroni dsn 1.C Desa Sabah Balau Kec. Tanjung Bintang. (kondisi rumah kosong) oleh warga bernama  Comodore Ferry. 

I Kronologis Kejadian, pada hari Ahad, 05 Desember 2021 pukul sekira 08.00 WIB sdr. Commodore Ferry akan mengambil kayu bekas bangunan untuk memperbaiki rumahnya. 


Setiba di lokasi rumah Zahroni saat akan mengambil kayu bekas bangunan, Ferry mencium bau tidak sedap (Bangkai) di sekitar rumah tdb, setiba dilantai dua ybs melihat mayat yang sdh dikerubuti belatung dalam posisi terlentang.

Selanjutnya, Commodore Ferry melaporkan penemuan mayat itu Ke polsek Tanjung Bintang.

Pemilik. Rumah diketahui bernama Aiptu Zahroni angggota Polres Lampung Bar at. 

Pada pukul 21. 30 penemuan mayat tersebut telah ditangani pihak INAFIS Polres Lamsel ( R1) 

Post A Comment: