Bandarlmapung (Pikiran Lampung) -Jumat Kemarin, dari sore hingga larut malam Kota Bandarlaampung diguyur hunan deras dengan Intesitas tinggi. Beberapa wilayah terjadi banjir, salah satunya jalan Nunyai dan Perumahan Ragom Gawi Kemiling

Untuk mengantisipasi hal serupa, warga Kota Bandarlampung meminta pemerintah kota setempat untuk memperbaiki drainase atau saluran air. Ha ini terutama untuk mengantisipasi adanya genangan air saat hujan deras.

Mario, warga  Durian Payung Bandarlampung, mengatakan kondisi darinase di kota ini buruk sehingga air mengalir tak lancar terutama pada saat musim hujan.

"Setiap musim penghujan dipastikan air yang melintasi drainase meluap hingga ke badan jalan, sehingga menyebabkan banjir," katanya, Santa (11/12/2021). 

Ia menyebutkan kondisi drainase di sepanjang Jalan Kartini Bandarlampung kondisinya buruk mengingat masih banyak gundukan tanah yang mengendap, sehingga air tak lancar mengalir.

Selain itu, tumpukan sampah rumah tangga juga banyak terdapat di drainase tersebut, akibatnya air tidak mengalir dengan lancar. 

Baca juga: BPBD Bandarlampung lakukan pencarian anak terbawa arus sungai

Mario mengatakan akibat buruknya drainase itu, saat hujan deras seperti yang terjadi pada Jumat (19/12) sore hingga malam, air meluap hingga badan jalan.

"Seperti di Jalan Kartini depan Hypermart Bandarlampung, air hujan menggenangi seluruh badan jalan akibat air dari drainase meluap hingga ke badan jalan," ujarnya.

Akibat hujan deras itu terjadi kemacetan cukup panjang mulai dari arah Jalan Wolter Mangunsidi dan Jalan A Yani menuju Jalan Kartini.

Rahmat, warga Bandarlampung lainnya juga berharap Pemkot Bandarlampung segera memperbaiki drainase di jalan-jalan protokol dan perumahan warga.

"Kondisi drainase di Bandarlampung harus segera diperbaiki. Jangankan hujan deras, hujan ringan saja air sudah meluap ke badan jalan," ujarnya.

Karena itu, ia berharap Pemkot Bandarlampung segera memperbaiki sejumlah drainase yang ada di kota ini. Sementara itu, sejumlah wilayah di Kota Bandarampung terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi pada Jumat sore hingga malam.

Hujan deras itu membuat sejumlah kawasan terendam banjir seperti di kawasan Durian Payung, Telukbetung, Panjang, Perumahan Ragom Gawi Kemiling, Gang Kulit, dan wilayah lainnya.

Bahkan seorang anak warga Jalan Kulit Gang Sumo 1 RT 06, Lk 2 Kelurahan Langkapura, hanyut terseret arus air hujan.

BPBD Bandarlampung dibantu unsur lainnya telah mencari anak hilang tersebut  mulai dari anak tersebut terseret air hujan hingga menelusuri aliran sungai, sejak Jumat malam. (Ant/P1) 

Post A Comment: