Palembang (Pikiran Lampung
) -Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi, memimpin langsung upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Korem (Danrem) 043/Garuda Hitam (Gatam) dari pejabat lama, Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H., kepada pejabat baru, Kolonel Inf Ruslan Effendi, Selasa (15/2/2022), bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Jl. Jend Sudirman KM 2,5  Kec. Ilir Timur 1 Palembang Kota Palembang Sumatera Selatan.

Prosesi upacara Sertijab Danrem 043/Gatam ditandai dengan penyerahan tanda jabatan dan Tongkat Komando serta Tunggul Korem 043/Gatam oleh Pangdam II/Swj kepada pejabat baru Kolonel Inf Ruslan Effendi.


Kolonel Inf Ruslan Effendi, adalah lulusan Akabri Tahun 1991 sebelumnya berdinas sebagai Dosen Utama Seskoad, sementara Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H., akan pindah dan bertugas sbg Danpusdikter Pusterad.

Mengawali amanatnya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi., menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H.,  atas pelaksanaan tugas dan pengabdian yang begitu besar selama menjabat sebagai Danrem 043/Gatam. “ Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Ny. Epie Drajad Brima Yoga yang telah mendampingi suami selama berdinas di Kodam II/Swj, serta memimpin organisasi Persit Kartika Candra Kirana Koorcabrem 043/Gatam PD II/Swj  dengan baik ,” kata Pangdam.


“Tidak lupa, kita semua yang hadir di tempat ini turut mendo’akan,  semoga Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H., yang akan melaksanakan tugasnya sebagai Danpusdikter Pusterad dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan selalu sukses dalam mengemban amanah dari Negara tsb,” ucapnya.

Selanjutnya, Pangdam juga mengucapkan selamat kepada Kolonel Inf Ruslan Effendi, beserta Istri, atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan untuk menjabat sebagai Danrem 043/Gatam dan sebagai Ketua Persit di satuannya.

Pangdam II/Swj menjelaskan bahwa, jabatan pada hakikatnya merupakan sebuah amanah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa yang nantinya akan dipertanggungjawabkan kepadaNya


“ Saya berharap amanah ini dapat diemban dengan sebaik-baiknya, jangan pernah ragu untuk melanjutkan dan meningkatkan hal-hal  positif yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya, serta berikan warna baru yang lebih segar dan positif bagi satuannya,” ujarnya.

Sebagaimana dipahami bahwa, Korem 043/Gatam merupakan Subkompartemen Strategis Matra Darat, yang bersifat kewilayahan, dengan tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pembinaan Teritorial untuk menyiapkan wilayah Pertahanan Darat di wilayah Provinsi Lampung dalam rangka mendukung Tugas Pokok Kodam II/Swj.

Dengan demikian, sambung Pangdam, Pemberdayaan Wilayah Pertahanan yang diimplementasikan melalui Binter pada hakikatnya merupakan  salah satu Tugas Pokok TNI AD untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan.

“Salah satu kunci  keberhasilan Binter adalah kemampuan untuk membangun Komunikasi Sosial yang sehat.Oleh karena itu komunikasi, koordinasi dan kerja sama dengan seluruh komponen bangsa harus terus dibangun dan dipelihara, baik dalam konteks tugas maupun optimalisasi peran Kowil serta hal lain bagi kepentingan organisasi,” tuturnya.

Dalam rangkaian acara Sertijab tersebut, dilaksanakan juga acara  Tradisi Pelepasan Pejabat yang akan meninggalkan Kodam II/Swj, yang ditandai dengan penghormatan kepada Pataka Kodam II/Swj, pengalungan bunga dan bunga tangan.

Hadir salam acara Sertijab tersebut,  Kasdam II/SWJ Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, S.E., M.B.A, Kapok Sahli Pangdam II/SWJ Brigjen TNI Muchamad Bayu Hartomo, S.H, Para Danrem 041/Gamas s.d Danrem 045/Gaya Jajaran Kodam II/Swj, Asrendam II/SWJ Kolonel Inf Didik Purwanto, Para Asisten Kasdam II/SWJ, Para Dan/Kabalak Dam II/SWJ, LO TNI AL dan AU Kodam II/SWJ, Para Dandim jajaran, Danyon Jajaran Kodam II/SWJ dan Ketua / Wakil Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD II/SWJ.

Pelaksanaan acara Sertijab kali ini diselenggarakan dengan tetap mengacu pada Protokol Kesehatan (Prokes) yang berlaku di tengah wabah Virus Corona (Covid-19). Dalam acara Sertijab tersebut, para peserta dan pejabat yang hadir tetap mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak antar personel. (Lis/p1) 

Post A Comment: