Pringsewu| ( Pikiran Lampung
)Diduga alami korsleting listrik, sebuah  rumah semipermanen berukuran 5x10 meter persegi milik Saprudin (65) yang berlokasi di jalan Seroja kelurahan Pringsewu Barat, kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, ludes dilapan sijago merah,pada Selasa (22/3/22) dini hari, sekira pukul 02.00 Wib.

Beruntung, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.


Menurut pemilik rumah, percikan api pertama kali muncul dari instalasi listrik yang ada di atas ruang tengah rumahnya. Lantaran material rumah terbuat dari bahan mudah terbakar, maka api cepat membesar  dan membakar seluruh isi rumah, termasuk dokumen-dokumen berharga.

"Waktu kejadian saya sedang tertidur, lalu saya terbangun karena merasakan hawa panas. Saat terbangun saya lihat bagian atas rumah saya sudah terbakar, lalu saya langsung keluar menyelamatkan diri," ujarnya 

Ia melanjutkan, Karena api sudah membesar dirinya hanya bisa menyelamatkan sepeda motor, sementara barang barang lainya ikut terbakar.

"Saya sudah tidak bisa berbuat banyak karena begitu cepat membesar dan membakar seluruh isi rumah," ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Pringsewu Kota Kompol Ansori Samsul Bahri, S.A.P, M.H menjelaskan, api pertama kali muncul sekira pukul 02.00 Wib dari bagian atas ruang tengah.

Lantaran bagian atas rumah terbuat dari bahan kayu dan bambu maka api dengan cepat membesar dan membakar seluruh bangunan.

"Api baru bisa dipadamkan sekitar 30 menit kemudian, atas kerja keras warga sekitar, dengan dibantu datangnya satu unit kendaraan pemadam kebakaran,"terangnya mewakili Kapolres Pringsewu  AKBP Rio Cahyowidi, S.Ik, M.Ik pada Selasa (22/3/22) siang

Meskipun tidak menyebabkan korban jiwa, peritiwa kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian materil hingga puluhan juta rupiah.

"Kerugian materil akibat peristiwa kebakaran ini ditaksir mencapai Rp30 juta," jelasnya.

Sedangkan dari hasil olah tempat kejadian perkara yang telah dilakukan pihaknya, Kompol Ansori menyampaikan, dugaan sementara penyebab kebakaran karena terjadinya korsleting arus pendek listrik.

"Peritiwa kebakaran ini masih kami dalami, namun dugaan awal karena hubungan arus pendek listrik." Tandasnya.(Supri)

Post A Comment: