Jakarta (Pikiran Lampung)
- Ulah Kelompok Kriminal bersenjata semakin menjadi jadi di Papua. Terbaru KKB menyerang para pekerja PTT yang sedamg memperbaiki tower BTS. Akibatnya 8 orang pekerja Tewas dan cuma satu yang selamat. Pekerja itupun dengan susah payah akhir bisa dievakuasi oleh pasukan TNI/Polri.

Melalui rilis yang diterima Pikiran Lampung, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengungkapkan, bahwa tim Operasi Damai Cartenz 2022 mengevakuasi pekerja PTT (Palapa Timur Telematika) dan berhasil menyelamatkan satu korban selamat dari penembakan Kelompok Kriminal Besenjata (KKB).


Menurut Gatot, dalam proses evakuasi tersebut Personil Ops Damai Cartes berhasil mengevakuasi satu orang korban penembakan dari PTT (Palapa Timur Telematika).

"Kurang dari 2 jam, korban selamat atas nama Nelson Sarira berhasil dievakuasi oleh personel gabungan OPS Damai Cartenz," kata Gatot kepada wartawan, Jakarta, Sabtu (5/43//2022).

Berbekal dari informasi dan data yang dimiliki tim evakuasi langsung menuju sasaran keberadaan dari korban yang selamat. Sinergitas personel TNI-Polri diterjukan dan berhasil untuk melakukan evakuasi korban. 

Sinergitas TNI-Polri itupun kini berhasil menyelamatkan satu orang korban tersebut. Aksi heroik penyelamatan tersebut menerjang kondisi geografis yang sulit dan cuaca ekstrem yang dapat berubah-ubah setiap saat. 

Hingga saat ini korban selamat masih dalam proses pemulihan guna dimintai keterangan terkait dengan keberadaan rekan rekan dari karyawan PTT lainya guna dilakukan evakuasi lanjutan.

"Korban selamat telah berhasil dievakuasi, selanjutnya diarahkan ke Mapolres Mimika guna mendapat perawatan medis lebih lanjut," tutur Gatot.

Setelah mendapatkan penyelamatan dari TNI-Polri, korban yang berhasil diselamatkan itupun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim Damai Cartenz yang telah mengevakuasinya.

Delapan pekerja Palapa Ring Timur Telematika dibunuh kelompok bersenjata saat melakukan perbaikan tower BTS 3 di Kabupaten Puncak Papua.

Sementara itu seorang prajurit TNI terluka juga diserang KKB pasca serangan ke tower BTS.

Seperti ramai diberitakan oleh media, Kelompok kriminal bersenjata kembali melakukan aksi kejahatan dengan membunuh delapan pekerja Palapa Ring di Kabupaten Puncak Papua, Rabu (02/03) kemarin.

Salah satu karyawan PTT yang selamat mengatakan, pelaku penyerangan berjumlah sekitar 15 orang.

Mereka membekali diri dengan senjata tajam dan 3 senjata api.

Polres Puncak sementara membentuk tim untuk mengevakuasi kedelapan korban dan satu karyawan yang selamat.

Tak cuma warga sipil, kelompok kriminal bersenjata juga menyerang Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif 408.

Penyerangan bermula ketika 12 personel Pos Koramil Dambet sedang patroli sekaligus memperbaiki saluran air.

Akibat serangan ini, seorang prajurit TNI Pratu Heriyanto terluka, saat ini sudah mendapat perawatan di RSUD Mimika.

(lis// kompas/p1) 



Post A Comment: