Kampus Itera. Foto Wandri/Pikiran Lampung

Bandarlampung (Pikiran Lampung
) - Lulusan Institut Teknologi Sumatera (Itera) selain unggul dalam penguasaan teknologi namun juga juga harus cakap dalam sikap, tingkah laku serta berahlak mulia. 

Oleh karenanya, untuk mewujukan itu, Itera menjalin kerja sama dengan dua pondok pesantren (Ponpes) yakni Darul Huffaz Pesawaran, dan Ponpes As Sahil Lampung Timur. Untuk bidang penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. 

"Keberadaan Itera ada untuk membangun sumber daya manusia (SDM) dan menjawab permasalahan teknologi yang ada di Pulau Sumatera," kata Rektor Itera Prof. Mitra Djamal, dalam keterangannya yang diterima, di Bandarlampung, Kamis (24/3/2022). 


Rektor menginginkan dengan kerja sama bersama dua pesantren ini lulusan Itera memiliki pengetahuan keagamaan yang baik agar memiliki attitude atau sikap yang baik pula. 

“Selain memiliki kemampuan dan  pengetahuan saintek yang mumpuni, lulusan Itera juga harus memiliki nilai keagamaan dan attitude yang baik pula," ujar Rektor. 

Sementara, Ketua Yayasan Ponpes Darul Huffaz,  KH. Nursalam Abdul Mutahlib menanggapi positif hal tersebut dengan  mengungkapkan keinginannya untuk berbagi ilmu kepada mahasiswa Itera agar dapat menghafal Al-Qur’an. 

"Selain itu Ponpes Daruh Huffaz memiliki kebun buah seluas 10 Hektar dan berharap Itera dapat memberikan edukasi dan bantuan pengembangan teknologi di bidang pertanian atau agroteknologi," kata dia.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ponpes As Sahil Lampung Timur, Zulfa, mengharapkan kerja sama dalam bidang pendidikan agar para alumni Ponpes As Sahil dapat melanjutkan kuliah di Itera. 

"Ponpes As Sahil sangat terbuka bagi Itera untuk menjadi lokasi pelaksanaan riset para dosen dan mahasiswa," kata dia. (ant/R1) 

Post A Comment: