Bandarlampung (Pikiran Lampung)
- Para pemudik yang akan menggunakan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) seperti yang ada di Provinsi Lampung dipastikan akan semakin nyaman, Hal ini karena pemerintah pusat dan daerah akan menyiapkan Posko pemudik di sepanjang jalinsum. Dan posko pemudik ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti toilet gratis. 

Selain itu, kenyamanan pemudik juga akan semamkin bertambah dengan kondisi jalan yang akan dibuat mulus oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dimana Pihak PUPR  menyebutkan, bahwa telah mengerahkan tiga tim guna melakukan penutupan lubang di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, di Lampung, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya melalui Badan Pengelola Jalan Nasional (BPJN) Lampung sedikitnya telah menutup 150 lubang di Jalinsum.

"Untuk di Jalinsum juga kita perbaiki jalan-jalan yang berlubang secara bertahap dengan tambal sulam," kata dia.

Ia mengatakan bahwa tiga tim yang dikerahkan terus bergerak menutup lubang-lubang di Jalinsum baik itu di Lintas Tengah maupun Lintas Timur Lampung.


"Adapun prioritas jalan yang dikerjakan seluruh jalan lintas, baik Lintas Tengah dan Timur. Di Lintas Timur hingga perbatasan Sumatera Selatan ada sekitar 100 lubang yang diproyeksikan sebelum Lebaran ini selesai," kata dia kemarin.

Ia pun berharap di sisa waktu 7 hari tiga tim yang dikerahkan dapat menyelesaikan perbaikan dan penutupan lubang di jalinsum.

"Di sisa batas waktu pengerjaan 7 hari tim terus bergerak, jadi tiap tim akan menyelesaikan berapa lubang. Mudah-mudahan sebelum Lebaran selesai," kata dia.

Ia pun mengatakan bahwa khusus di jalan nasional Sumatera dan Jawa, PUPR juga akan membuat posko Saptaruna bagi pemudik.

"Jadi posko Saptaruna ini tidak ditempatkan di jalan tol tapi di pos-pos di luar tol atau khusus jalan nasional. Posko ini juga dilengkapi dengan toilet," kata dia. (ant/wan) 

Post A Comment: