Bandarlampung (Pikiran Lampung)-
Prestasi luar biasa dan mengagumkan telah ditorehkan oleh atlet Basket dan Voli Indonesia pada ajang Sea Games Hanoi Vietnam 2022 yang baru saja usai. 

Namun, prestasi dua cabang tersebut bak bumi dan langit dibanding cabang sepak Bola yang justru turun alias nyungsep di 'Sukan Serantau' tersebut. Dimana, cabang sepak bola hanya meraih perunggu setelah dengan susah payah mengalahkan pasukan kebangsaan harimau Malaya melalui adu finalti. Hal ini justru jadi pertanyaan besar bagi masyarakat. 

Hal ini mengingat dana yang digelontorkan untuk cabang ini sangat besar dan pelatihnya pun bukan sosok 'kaleng- kaleng'. "Ini pasti ada yang salah dan harus ada perbaikan secara menyeruh di cabang sepak bola,"jelas Sigit, penggemar sepak bola warga Bandarlampung, Selasa (24/5/2022). Hal yang sama juga dikatakan oleh Denis, warga Lampung Selatan. "Sepak bola Indonesia semakin keliatan jalan di tempat bila melihat prestasi Basket dan Voli yang meraih emas dan bahkan mereka sudah menjejakkan kakinya untuk bersiap ke pentas dunia,"tegasnya. Lantas apa Yang Salah? 

Apa yang diunggkapkan oleh dua warga Lampung tersebut bukan tanpa alasan. Cabang basket misalnya, di sea Games ini mereka mencetak sejarah dengan meraih emas. Sedangkan Cabang Voli berhasil mempertahankan emas dengan mengandaskan tuan rumah yang didukung ribuan penonton. Sedangkan Sepak bola, dari babak penyisihan group sudah terlihat tertatih dengan dilkandaskan tuan rumah Vietnam 3 -0 dan di semifinal dibungkam Thailand 1-0. Ini mungkin jalan terjal bagi PSSI, tapi bukan juga akhir dari segalanya. 

Untuk diketahui, Luar biasa  itulah kata yang sangat pantas disematkan ke Timnas Bola Keranjang atau bola basket Indonesia. Yang baru saja mengukir perestasi manis dan mencatatkan sejarah meraih mendali emas di ajang Sea Games Vietnam 2022. 

Dimana, timnas Indonesia yang diperkuat satu pemain NBA, mampu menundukkan sosok raja basket Asia Tenggara, Filipina, pada ajang bernama resmi SEA Games 2021. Indonesia menang 85-81 atas Filipina di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5/2022) sore WIB. 

Kemenangan tersebut sekaligus memastikan Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021. Kisah basket Indonesia di SEA Games 2021 semakin manis karena medali emas tersebut adalah torehan pertama. 

Ya, Indonesia untuk kali pertama mampu membawa pulang medali emas SEA Games. "Ini pertama kalinya Indonesia meraih medali emas dari cabor basket sejak keikutsertaan pada 1977," kata Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).  Baca juga: Hasil Basket SEA Games 2021: Indonesia Raih Emas Kalahkan Raja Asia! "Indonesia memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali beruntun," jelas dia melanjutkan.

Timnas Bola Voli Putra Semakin mengokohkan diri sebagai The King Asean' untuk cabang ini. Hal ini terlihat saat timnas menggulaung dan mengancurkan kesombongan tuan rumah Vietnam dan membawa pulang Medali Emas untuk yang kesekian kalinya ke Tanah air. Dimana sehari sebelumnya tampak tim Vietnam begitu gembila melaju ke final setelah mengalahkan ti unggulan Thailand dan yakin bisa mengalahkan Indonesia. 

Dengan begitu, kontingen Indonesia menambah raihan medali emas pada SEA Games 2021. Timnas Voli Putra Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 pada laga final yang digelar di Dai Yen Arena, Quang Ninh, Minggu (22/5/2022).

Pada pertandingan tersebut, Timnas Voli Putra Indonesia mendapatkan tekanan yang masif dari tim tuan rumah. Namun, Nizar Julfikar berhasil menyudahi set pertama dengan kemenangan 25-22.

Memasuki set kedua, Vietnam sempat bangkit dan melakukan perlawana. Beruntung tekanan itu berhasil diatasi Timnas Voli Putra Indonesia dengan pukulan-pukulan yang membuat tak berdaya Vietnam hingga akhirnya menang dengan skor 25-18.

Timnas Voli Putra Indonesia semakin percaya diri dalam memainkan set penentuan medali emas SEA Games 2021. Hingga akhirnya Vietnam kewalahan dan harus menyudahi pertandingan dengan skor 25-15. Indonesia akhirna menang dengan skor 3-0 atau jumlah poin 75-55. Dan para pendukung tuan rumah pun terdiam serta menanggung malu. (Bola/idosport/P1) 

Post A Comment: