Pesibar (Pikiran Lampung
) -- Zhafira korban tenggelam di Pantai Walur Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) ditemukan oleh tim SAR gabungan pada Jumat (6/5/2022) dalam keadaan meniggal dunia. 

Kejadian ini berawal saat Zhafira (9) bersama keluarganya berenang di Pantai Walur pada Rabu (4/5/2022) pukul 16.30 WIB. Kemudian tiba -tiba korban terbawa arus dan ayah korban berusaha menolong korban namun ikut terbawa arus. Ayah korban, Rahmat Budi Priyono (43) berhasil diselamatkan warga dan dibawa ke rumah sakit, namun ketika sampai di rumah sakit ayah korban dinyatakan meninggal dunia. Zhafira belum ditemukan juga dan pihak keluarga melaporkan ke pihak berwajib. Korban dan ayah korban merupakan warga Kecamatan Ciledun Kota Tangerang Provinsi Banten. 

Basarnas Lampung menerima info tersebut dari Novrian (Kades Walur) Rabu (04/05) pukul 18.35 WIB. Menindaklanjuti info tersebut, Basarnas Lampung mengerahkan personil rescuer Pos SAR Tanggamus untuk menuju ke lokasi dan melaksanakan pencarian dan pertolongan. Tim tiba di lokasi kejadian pada Kamis (05/05) pukul 02.00 WIB dan lgs berkoordinasi dengan tim SAR Gabungan yang sdah ada di lokasi dan melanjutkan pencarian pada pukul 06.00 WIB. 


Pada hari Kamis (05/05) tim SAR gabungan memulai pencarian pada pukul 06.00 WIB. Tim dibagi menjadi 2 regu, regu pertama melaksanakan pencarian dengan menggunakan perahu karet dan regu 2 melaksanakan pencarian dengan perahu nelayan. Pencarian dihentikan sementara pada Apukul 16.00 WIB dikarenakan kondisi hujan deras dan hasil pencarian  hari itu masih nihil. 

Pada hari Jumat (06/05) pukul 07.00 WIB pencarian kembali dilakukan oleh tim SAR gabungan. Tim gabungan dibagi menjadi 3 regu, regu 1 melaksanakan pencarian dengan menyisir bibir pantai sepanjang 5 km dari lokasi kejadian, regu 2 melaksanakan pencarian dengan menggunakan perahu karet Basarnas dengan area pencarian 12 km, dan regu 3 melaksanakan pencarian dengan menggunakan perahu nelayan di area pencarian radius 25 km. Pada pukul 14.20 WIB korban  Zhafira berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia. Korban ditemukan tidak jauh dari lokasi kejadian. 


Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Jumaril, S.E., M.M., menyatakan kebenaran info  tersebut. "Korban kedua telah ditemukan siang ini kurang lebih pukul 14.20 WIB dan lokasi penemuan tidak jauh dari lokasi kejadian." Ujar Jumaril. 

Pada akhir pernyataannya, Jumaril kembali memberikan himbauan kepada masyarakat. "Saya kembali menghimbau kepada masyarakat yg akan melakukan wisata ke pantai terutama supaya betul2 memperhatikan faktor keselamatan." Tutup Jumaril. (lis/p1)

Post A Comment: