Bandarlampung (Pikiran Lampung)
- Saat ini sedang marak mewabahnya berbagai virus yang bisa membahayakan anak-anak. Salah satunya virus hepatitis misterius yang berasal dari mulut hewan.

Oleh Karenanya, Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana mengimbau agar orang tua murid membekali anak-anaknya makanan agar tidak jajan di sekolah dalam upaya mengantisipasi penyakit hepatitis akut misterius.

"Saya ingatkan orang tua untuk membekali anak-anak mereka dengan makanan dari rumah supaya bisa menekan penyakit hepatitis misterius ini," kata  walikota yang akrap disapa Bunda Eva ini, di Bandarlampung, Kamis (12/5/2022).

Menurutnya, penyakit yang menyerang anak-anak usia 16 tahu ke bawah ini harus diantisipasi sejak dini, oleh sebab itu protokol kesehatan (prokes) masih tetap harus diterapkan di sekolah.

"Ini hepatitis misterius menyerang anak 16 tahun ke bawah, artinya siswa SMP, SD serta PAUD rentan terkena. Ini yang saya takutkan dan rawan sekali, maka kepala sekolah dan guru dapat mengingatkan anak-anak dengan prokes," kata dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung, Desti Mega Putri, mengungkapkan, guna mencegah penularan hepatitis misterius kepada anak-anak prokes masih harus diterapkan.

"Jadi prokes bukan hanya untuk mencegah penularan COVID-19 tapi juga hepatitis misterius yang menyerang anak-anak di bawah usia 16 tahun," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, disarankan kepada orang tua murid juga membekali anak-anaknya dengan makanan dari rumah karena penyakit ini menular salah satunya dari alat makanan.

"Intinya untuk mencegah segala macam penyakit termasuk hepatitis akut ini, kita harus terapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) dan terapkan prokes," ujarnya.(ant/R1)

 

Post A Comment: