Mesuji (Pikiran Lampung
)- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mesuji melaksanakan Launching sanggar kegiatan belajar Mesuji indah dan gerakan pendidikan kesetaraan non formal berbasis desa dalam rangka mempercepat peningkatan indeks pendidikan, Rabu (18/05/22).

Pemkab setempat menggelar kegiatan tersebut sebagai upaya pemerataan pendidikan untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Mesuji selain dari pada jenjang pendidikan Formal yang langsung dibuka oleh Bupati H.Saply TH.

Pemda melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji membuat program pendidikan Kesetaraan Non Formal dengan kegiatan kelompok belajar dan program kesetaraan SD, SMP dan SMA melalui program kesetaraan Paket A, B, C dibawah wadah Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Sanggar Kegiatan Belajar .

Pada kesempatan itu, Bupati Saply TH mengatakan keberadaan Sanggar Kegiatan Belajar sangat penting ditengah masyarakat, mengingat masih ada warga masyarakat Mesuji yang tidak mengikuti pendidikan umum maupun yang putus sekolah.

"Untuk itu SKB ini merupakan solusi yang tepat dalam rangka membantu masyarakat dalam mendapatkan pendidikannya secara gratis. Mari kita jadikan SKB ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menempuh pendidikan non formal," katanya.

Saply TH mengimbau kepada seluruh Kepala Desa untuk menginformasikan dan mendata warganya yang putus sekolah maupun yang tidak sempat mengenyam pendidikan formal, agar mendapatkan hak pendidikannya melalui program kesertaraan non formal tanpa dipungut biaya.

Di waktu yang sama,  Kepala Dinas Pendidikan Andi S. Nugraha mengingatkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini dengan harapan untuk meningkatkan kesadaran, motivasi dan komitmen betapa pentingnya bagi masyarakat

"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini kami berharap untuk meningkatkan kesadaran ,motivasi dan komitmen betapa pentingnya bagi masyarakat demi kepentingan pendidikan di suatu daerah dan mengoptimalkan pendidikan kesetaraan/non formal di kabupaten Mesuji"ucapnya 

Kadisdik Andi juga mengajak kepada semua pihak untuk dapat mendorong, mendukung jika ada yang mengetahui warga Mesuji khususnya, yang belum mengenyam pendidikan formal.

"Kami berharap kepada semua pihak untuk dapat mendorong, mendukung jika ada yang mengetahui warga Mesuji khususnya, yang belum mengenyam pendidikan formal. Untuk dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada SKB ini," singkatnya. (red)

Post A Comment: