Bandarlampung (Pikiran Lampung)-
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Panjang terima Kunjungan Kerja bersama sejumlah menteri yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perhubungan BBudi Karya Sumadi, Menteri Pembangunan Manusia, Kebudayaan Indonesia  Muhadjir Effendy, Kakorlantas Polri Firman Shantyabudi dan Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto, kunjungan kerja yang disambut oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Drs. Subiyanto, Rabu (5/5/2022). 

Tampak menyambut juga, Kepala KSOP Kelas 1 Panjang Hendri Ginting dan General Manager Pelindo Regional 2 Panjang Adi Sugiri. Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka pemantauan dan kesiapan arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022, dimana Pelabuhan Panjang sebagai alternatif rute pelayanan arus balik. 


Kunjungan yang diawali sambutan Menteri Pembangunan Manusia, Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy mengatakan arus mudik tahun 2022 ini dari sisi jumlah pemudik berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. "Dari pantauan yang kami lakukan di lapangan, kami mengapresiasi para pihak terkait dalam upaya mensukseskan kelancaran arus mudik tahun 2022 ini terutama dalam hal menjamin keselamatan para pemudik, " jelasnya. 

Di kesempatan yang sama Menteri Perhubungan juga menyampaikan bahwa ini sebagai bentuk antisipasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan berkolaborasi dengan Kementerian BUMN dalam mengurai kepadatan arus balik mudik yang membeludak dengan rute Pelabuhan Panjang – Pelabuhan Ciwandan Banten ataupun sebaliknya dengan menambah rute dan armada yang melayani penyeberangan. Dimana peran Pelindo sebagai Operator Pelabuhan dan Pelni sebagai Operator Kapal diharapkan dapat membantu untuk pelaksanaan kegiatan arus balik ditahun ini. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi langkah yang dilakukan KSOP Kelas1 Panjang dalam hal menyiapkan pelayanan dan regulasi bagi kapal-kapal penumpang yang bersandar di Pelabuhan Panjang.


Hal senada disampaikan Menteri BUMN bahwa pihak, sebagai Badan Usaha Milik Negara selalu siap melayani masyarakat, terutama pada saat arus mudik maupun arus balik yang meningkat pada tahun ini dibanding tahun sebelumnya. 

Sambutan yang ditutup oleh Gubernur Lampung dan Kakorlantas Polri menyampaikan atas nama rakyat Lampung menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat bahwa ketika masyarakat membutuhkan pertolongan Pemerintah hadir guna mengurai kepadatan arus pemudik pada tahun ini, kami mengharapkan ditahun yang akan datang bisa membuka rute baru yang berada di daerah Kabupaten Tanggamus dan berbagai pelabuhan lainnya yang berada di Provinsi Lampung. Kakorlantas Polri juga menyampaikan bahwa kami menyiapkan berbagai rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yang terjadi pada arus arus balik tahun 2022.

Kegiatan ditutup dengan tanya jawab para Menteri bersama penumpang, baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.(red) 

Post A Comment: