Lamsel (Pikiran Lampung)
-Sebanyak 165.037 pemudik turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pada arus mudik H-2, Ahad (1/5/2022)..

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno melalui Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, sebanyak 165.037 pemudik tersebut terdiri dari 12.520 perjalan kaki dan 152.517 dalam kendaraan.

"Total pada arus mudik H-2 ini mencapai 165.037 orang. Mereka baru turun dari kapal dan akan melanjutkan ke kampung halamannya melalui Lampung," katanya di Bandarlampung, Ahad (1/5/2022).

Dia melanjutkan untuk kendaraan pemudik sendiri yang turun dari kapal di Pelabuhan Bakauheni di antaranya sepeda motor mencapai sebanyak 14.606 dan kendaraan pribadi sebanyak 19.756.

"Pada H-2 saat ini mengalami kenaikan pemudik baik pejalan kaki, menggunakan sepeda motor, dan kendaraan pribadi. Meskipun ada peningkatan, namun kondisi tetap tertib dan tidak ada halangan bagi para pemudik," kata dia.

Lanjut Pandra, selain itu untuk pemudik yang naik kapal menuju Pulau Jawa mencapai 42.246 orang. Di antaranya, 1.092 pejalan kaki dan 41.154 pemudik dalam kendaraan.

Kemudian untuk kendaraan pemudik sendiri yang naik kapal di Pelabuhan Bakauheni akan menuju Pulau Jawa di antaranya sepeda motor mencapai sebanyak 601 dan kendaraan pribadi sebanyak 5.017.

"Untuk pemudik yang menuju Pulau Jawa pada H-2 ini mengalami penurunan," kata dia lagi.

Pandra menghimbau kepada para pemudik yang akan melanjutkan perjalanannya melalui Lampung agar dapat menjaga kesehatan nya serta memperhatikan kendaraan nya sebelum melanjutkan perjalanan.

Jika pemudik dirasa lelah dan ngantuk diharapkan dapat beristirahat terlebih dahulu di pos terpadu, pos pelayanan, maupun pos pengamanan yang telah disediakan baik di JTTS maupun Jalinsum.

"Jangan dipaksakan lebih baik beristirahat terlebih dahulu sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan. Kemudian pemudik jika melihat hal-hal yang dicurigakan agar dapat melaporkan kepada kantor polisi terdekat atau pos yang ada di JTTS maupun Jalinsum. Bisa juga melaporkan melalui call center 110 secara gratis," katanya.

"Kemudian khusus pemudik menggunakan sepeda motor, personel Polda Lampung dan jajaran siap akan mengawal atau mengantar pemudik hingga sampai tujuan kampung halamannya. Pengawalan dilakukan secara estapet mulai dari personel di Pelabuhan Bakauheni hingga personel di wilayah nya masing-masing. Pada arus mudik ini juga, diharapkan kepada para pemudik agar mentaati protokol kesehatan agar aman mudik dan mudik sehat," tutup dia.(lis/p1) 



Post A Comment: