Hanoi (Pikiran Lampung)
- Luar biasa  itulah kata yang sangat pantas disematkan ke Timnas Bola Keranjang atau bola basket Indonesia. Yang baru saja mengukir perestasi manis dan mencatatkan sejarah meraih mendali emas di ajang Sea Games Vietnam 2022. 

Dimana, timnas Indonesia yang diperkuat satu pemain NBA, mampu menundukkan sosok raja basket Asia Tenggara, Filipina, pada ajang bernama resmi SEA Games 2021. Indonesia menang 85-81 atas Filipina di Thanh Tri Gymnasium, Minggu (22/5/2022) sore WIB. 

Kemenangan tersebut sekaligus memastikan Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021. Kisah basket Indonesia di SEA Games 2021 semakin manis karena medali emas tersebut adalah torehan pertama. 

Ya, Indonesia untuk kali pertama mampu membawa pulang medali emas SEA Games. "Ini pertama kalinya Indonesia meraih medali emas dari cabor basket sejak keikutsertaan pada 1977," kata Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).  Baca juga: Hasil Basket SEA Games 2021: Indonesia Raih Emas Kalahkan Raja Asia! "Indonesia memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali beruntun," jelas dia melanjutkan.


Indonesia Tak Terkalahkan Cabang olahraga (cabor) basket pada ajang SEA Games 2021 bermain secara round robin dalam satu grup. Artinya, setiap tim/negara akan bertemu. Adapun jumlah peserta basket ada 7 negara, yakni Indonesia, Filipina, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Indonesia tak pernah kalah melawan enam negara tersebut. Sehingga, penentuan medali emas tercipta pada laga penutup kontra Filipina. Sebelumnya, Filipina juga tak kalah Malaysia, Vietnam, Kamboja, Singapura, dan Thailand. Tetapi takluk di hadapan Indonesia.

Sejauh ini, induk organisasi bola basket Indonesia, Perbasi, sudah menaturalisasi lima pemain untuk timnas basket. Mereka yakni Brandon Jawato, Lester Prosper, Dame Diagne, Marques Bolden, dan Serigne Modou Kane. Brandon Jawato, Marques Bolden, dan Dame Diagne dipanggil untuk ikut serta SEA Games 2021. Hasilnya cukup manis, permainan mereka impresif dan kerap membantu kemenangan Indonesia.


Yang paling menarik perhatian adalah penampilan impresif Marques Bolden, Sebab,  pada laga final SEA Games 2021 menjadi kejutan, karena sang pemain baru menjalani debut pada pertandingan kelima kontra Vietnam. Laga melawan Vietnam menjadi debut Bolden bersama timnas basket Indonesia. 

Ia mencetak empat poin dan turut membantu tim Merah Putih mengalahkan tim tuan rumah, 94-67. Marques Bolden sendiri menjadi salah satu pemain naturalisasi di skuad timnas basket Indonesia untuk SEA Games 2021. Selain Bolden, dua pemain naturalisasi lainny adalah Brandon Jawato dan Dame Diagne. Bolden yang saat ini berusia 24 tahun lahir di Dallas, Texas, Amerika Serikat. Pemain berposisi center itu saat ini bermain di kompetisi NBA G League bersama Salt Lake City Stars. Pada SEA Games 2021, penggunaan pemain naturalisasi tidak dibatasi. 

Hal ini berbeda dengan kejuaraan kalender FIBA yang hanya membolehkan sebuah tim memainkan satu pemain naturalisasi. Meski baru tampil pada laga kontra Vietnam, Milos Pejic selaku pelatih timnas basket Indonesia menaruh harapan besar kepada Marques Bolden. "Dia bermain hanya lima menit, terlalu singkat untuk memberikan penilaian. Namun, Bolden adalah pemain level tinggi untuk kompetisi ini," kata Pejic usai laga melawan Vietnam, dikutip dari Antara. Bolden akhirnya bisa menjawab harapan sang pelatih. Ia tampil impresif pada pertandingan penentuan melawan Filipina dengan menjadi top performer alias penampil terbaik. Marques Bolden pun mengantar Indonesia mencetak sejarah dengan meraih medali emas bola basket SEA Games 2021.(kompas/P1) 


Post A Comment: