Francis (Pikiran Lampung
) -Melalui perjuangan yang penuh semangat dan pantang menyerah skuad muda Indonesia yang dipersiapkan untuk piala U20, meraih hasil positif. 

Ya, sejarah itu tercipta, dimana timnas Indonesia U-19 Tampil Heroik Hadapi Ghana Demi Raih Kemenangan Perdana di Toulon, Kamis, 2 Juni 2022 | 20:26 WIB

Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Ghana dengan skor 1-0, kemenangan pertama dalam sejarah di Turnamen Toulon.Tmnas Indonesia U-19 secara mengejutkan meraup kemenangan pada laga kedua Turnamen Toulon 2022, Kamis (2/6/2022).

Ghana yang diprediksi menjadi lawan berat, nyatanya takluk dengan skor 0-1 melalui aksi brilian Raka Cahyana Rizky.


Timnas Indonesia U-19 yang sebelumnya selalu kalah dalam empat laga di Turnamen Toulon sejak 2017, kini mencetak sejarah di Perancis.

Menghadapi negara langganan Piala Dunia, Indonesia sejatinya diprediksi mendapat tekanan lebih berat dibanding laga pertama.

Benar saja, Ghana langsung mendapatkan peluang pada menit awal, bermula dari kesalahan Ahmad Rusadi mengawal penyerang Ghana.

Si penyerang Ghana melakukan tembakan balik badan, hanya untuk Cahya Supriadi melakukan save pertama di laga ini.

Sejarah Tercipta, Timnas Indonesia U-19 Tampil Heroik Hadapi Ghana Demi Raih Kemenangan Perdana di Toulon. 

Tak lama berselang, Ghana kembali mendapat peluang lewat sundulan yang mencium mistar gawang.

Bola rebound berakhir di kaki pemain Ghana, beruntung Cahya Supriadi kembali sigap mengamankan gawang.

Selepas itu, Ghana justru tak lagi tampil dalam intensitas tinggi, yang memudahkan Indonesia menghentikan serangan lawan.

Hingga babak pertama usai, praktis Ghana tak pernah mendekati lagi gawang Indonesia.

Garuda Muda justru mendapat peluang paling berbahaya di laga ini, yakni ketika Hokky Caraka mendapat bola liar yang lepas dari sela-sela kaki kiper Ghana. Sayang, sambaran Hokky Caraka dihentikan bek lawan gi muka gawang.

Pada babak kedua, Indonesia menciptakan momen membanggakan dengan mencetak gol pertama di turnamen ini. Raka Cahyana yang berposisi sebagai bek kanan merangsek ke muka gawang untuk menyambut umpan silang dari Hokky Caraka.

Bola sebetulnya mengarah ke kiper Ghana, tetapi dia mengulangi kesalahannya melepas bola yang sudah di tangan. 

Bola liar jatuh ke kepala Raka Cahyana, yang mengontrol bola dan melepas tembakan mematikan menggunakan kaki kiri.

Sesudah tertinggal, para pemain Ghana justru kehilangan koneksi dan sangat sering membuang peluang lewat tendangan jarak jauh.

Indonesia juga sekali lagi sanggup mencuri peluang, lagi-lagi lewat Hokky Caraka yang melepas tembakan tertepis kiper lawan.

Selamat dari tekanan beruntun Ghana di akhir laga, Indonesia menutup pertandingan dengan sorak gembira setelah meraih skor 1-0. (bola/p1

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Cahya Supriadi; Raka Cahyana Rizky, Muhammad Ferarri, Ahmad (Rusadi, Edgard Amping, Dimas Juliono Pamungkas, Arkhan Fikri, Razza Fachrezi (Cecep 28'), Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka, Alfriyanto Nico

Pelatih: Dzenan Radoncic


Ghana: 16–Vincent Anane; 21-Kelvin Opoku, 5-Gogoe, 19-Essel, 22-Amankwah, 4- Sarfo, 8-Baafi, 14-Salifu, 20-Razak,17-Yakubu-18-Mensah (Annor 41')

Pelatih: Abdul Hito

Post A Comment: