Lammpura (Pikiran Lampung) -- Sejumlah desa di Kabupaten Lampung Utara saat ini sudah memasuki tahap kedua pencairan Dana Desa (DD) berdasarkan dari hasil rekap yang dilakukan pemerintah daerah setempat.

"Untuk penyaluran dana desa tahun anggaran 2022 di tahap dua ini sudah tersalurkan Rp  44.260.527.760," kata Nozi Irwan, Kasi Pendapatan Keuangan dan Aset Desa atau Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lampung Utara, Rabu (20/07/2022).

Dikatakan, pencairan dana desa di 23 kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara tersebut rata-rata sudah tersalurkan 86 persen atau sebesar Rp 44, 260.527.760,

"Dari 232 desa yang ada, saat ini baru 193 desa yang telah disalurkan kantor Badan Pengelolaan keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), untuk dana desa tahap dua, saat ini 7 desa sedang dalam proses di BPKAD, sedangkan untuk tahap pertama penyalurannya sudah selesai," katanya.

Sementara itu, untuk 32 desa lainnya belum mengajukan untuk proses tahapan kedua.

"Untuk dana desa tahap dua ini paling lambat dilakukan pada bulan Agustus. Dengan demikian diharapkan kepada kepala desa, sekretaris desa maupun bendahara untuk serapan anggaran mengenai dana desa segera dilengkapi. Dan untuk di akhir tahun ini, tidak di sibukkan lagi dengan kelengkapan serapan, sebab kedepannya untuk serapan pembangunan bisa terhambat jika melihat keadaan musim yang berubah-rubah," tandasnya.(Christyni)

Post A Comment: