Lamsel (Pikiran Lampung)-Seperti tahun sebelumnya, para santri Pondok Pesantren Mutiara Miftahul Jannah, Desa Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, melakukan pawai obor sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Sabtu (29/7/22) malam. Pawai dimulai ba'da isya hingga pukul 9 wib malam. 

Pawai obor ini nampak sangat meriah, dengan tema "Menumbuhkan Semangat Santri dalam Melestarikan Tradisi Islami". Para santri berjalan beriringan dengan obor menyala di tangan masing masing dan dibalut lantunan shalawat ini menyusuri jalan kurang lebih sejauh 3 kilometer. Mulai dari depan masjid pondok, hingga memutar kampung dan juga balai desa setempat

Salah satu pengajar di Pondok Pesantren Mutiara Miftahul Jannah, Ustadz Jumroh menuturkan, peringatan 1 Muharram 1444 ini sebagai momentum untuk mendapatkan berkah dari hijrahnya Nabi Muhammad SAW. Ia berharap, Tahun Baru Islam ini menjadikan kehidupan  lebih baik lagi.

" Pawai obor ini dimaksudkan untuk mengenalkan santri tentang pentingnya mengetahui bulan Muharam. Serta melestarikan tradisi islami ditengah-tengah era modernisasi,"jelasnya.

Dia mengatakan, ini merupakan gelaran pertama pawai obor yang sempat vakum selama 2 tahun semenjak Covid-19 mewabah. 

Dirinya melanjutkan, pawai obor ini diikuti oleh kurang lebih 300 santri, staf pengajar, orang tua santri juga masyarakat sekitar. 

“Di tahun baru Islam ini, saya harap kita dapat merenung dan hijrah untuk lebih baik di tahun mendatang,” pungkasnya.

Diakhir acara, para santri Pondok Pesantren diberikan acara tanya jawab seputar Islam dan umum serta diberikan hadiah dan makan malam bersama. Beberapa Santri mengaku sangat senang dan abtusias mengikuti acara ini. " Iya kami sangat gembira sekali mengikuti acara ini, tada ramai benar, " ujar Ibas dan Rafa dua santri pondok tersebut (andri) 



Post A Comment: