Lampura (Pikiran Lampung)
-Harga masih murah dan di bawah standar, ribuan petani Singkong gelar aksi demo di Depan Kantor DPRD setempat, Selasa (16/8/2022). 

 Demo ini digelar  saat DPRD Lampura menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Lampung Utara (Lampura) dalam agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo secara Daring, di gedung DPRD. Demo sempat berlangsung tegang antara  petani dengan polisi yang mangamankan aksi tersebut.

Dalam aksi demo di gedung DPRD Lampung Utara tersebut, Koordinator aksi, Rizki Apriansyah Abung menyampaikan 10 tuntutan utama, antara lain, Meminta kepada Pemda dan Perusahaan membuat standar harga singkong terendan Rp1.500 per Kilogram (Kg).

Meminta Kepada Pemda dan Perusahaan membuat standar rafaksi 6 persen - 10persen. Meminta jaminan ketersedian pupuk subsidi di 23 Kecamatan 15 Kelurahan dan 232 Desa se-Lampung Utara.

Meminta Pemda dan DPRD membentuk Perda tentang harga rafaksi petani singkong. Para petani sempat terjadi aksi dorong mendorong dengan petugas Kepolisian disebabkan telah 1 jam menunggu, sehingga para pendemo mendorong hingga pagar DPRD Lampung Utara rusak.

Wakil Bupati Lampura Ardian Saputra, beserta Wansori Ketua DPRD Lampung Utara ditemani Kapolres Lampura Kurniawan Ismail, Dandim 0412 LU Letkol Infantri Andi Sultan menemui para petani yang menggelar aksi

Wakil Bupati Lampung Utara Ardian Saputra berjanji segera menindaklanjuti aspirasi para petani yang melakukan aksinya.

"Kita tidak bisa memenuhi saat ini juga, karena ini banyak tuntutanya perlu proses terlebih dahulu dan akan segera ditindak lanjuti," ujar Ardian Saputra.

Lanjut Ardian, ia bersama Ketua DPRD Lampung Utara Wansori berkomitmen akan segera menindak lanjuti tuntutan para petani paling lamabat Selasa (23/8/2022). 

Para massa pendemo akhirnya membubarkan diri dengan tertib dan lancar. (red) 


"Semua perlu proses ditambah lagi pekan ini masih hari perayaan HUT Kemerdekaan, paling lambat hari Senin atau Selasa depan," kata Ardian.



Pada pukul 12.30 WIB Wakil Bupati Lampung Utara beserta Ketua DPRD Lampung Utara Wansori sepakat menandatangani pakta intergitas tuntutan para pendemo. (*)

Post A Comment: