Pringsewu (Pikran Lampung
)-- Salah Satu bentuk lenerapan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di Pekon (Desa) Tritunggal Mulya, Kecamatan Adiluwih, Kabupate Pringseu, Pembangunan, yakni dengan membangun jalan usaha pertanian. 

Hal ini guna mendukung perekonomian masyarakat  dan meningkatkan daya jual hasil pertanian dengan harga yang maksimal.


Titin Agustina Kepala Pekon Tritunggal Mulya, menjelaskan, pelaksanaan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) merupakan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa. khususnya warga  miskin/kurang mampu dan marginal, yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pekon Tritunggal mulya.

Lanjut Titin, sapaan akrab kepala pekon Tritunggal mulya. pembangunan yang difokuskan jalan tani yang terletak di RT.11 RW.04 Pekon Tritungga Mulyaa. Yang memang akses jalannya sudah sangat rusak. tidak dipungkiri kerusakan tersebut tidak akan ada habisnya. 

"Untuk Tahun ini Kegiatan  Pembangunan Jalan Usaha Tani yang dilaksanakan, sesuai dengan hasil Musyawarah Pekon.


Kegiatan Pembangunan yang bersumber dari Dana Desa sebesar Rp.10.325.000,-  tersebut, pembangunannya sudah rampung dengan perencanaan panjang jalan yang dibangun 400 meter, dan lebar 3 meter, "jelasnya, Rabu (28/9/22). 


Pelaksanaan Program Padat Karya Tunai Desa ini dilaksanakan dengan melibatkan juga kaum perempuan Di harapkan dengan dibuatnya jalan  tani di Pekon Tritunggal mulya, jalan menuju area pertanian warga bisa diakses kendaraan roda 4 

"Sehingga untuk mengangkut hasil panen akan lebih mudah serta dapat meningkatkan produktivitas  petani yang berdampak pada naiknya perekonomian masyarakat Pekon Tritunggal Mulya," trangnya. 

Dalam kegiatan ini, warga setempat juga tampak antusias dengan program padat karya tunai desa (PKTD). Pekon Tritunggal mulya yang dilakukan. Mengingat akses jalan menuju ke area pertanian  .

"Lokasi yang dipilih juga, berdasarkan masukan dan saran dari warga," lanjut Kepala pekon

Selain itu, Titin berharap  persoalan  pandemi Covid-19 segera berakhir. "Agar masyarakat bisa beraktivitas seperti semula dalam keadaaan kembali seperti biasanya dalam hal ini kembali normal seperti semula. Dan kita juga berharap agar Covid-19 bisa cepat hilang dari negeri kita tercinta Indonesia, serta kami juga berharap agar masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat.,"pungkasnya.(Sugiyanto)



Post A Comment: