Bandarlampung (Pikiran Lampung)– Kafe Lansia Teras Senja yang terletak di Jalan Terusan Darussalam Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung Karang Barat merupakan sebuah tempat yang di gagas melalui Platform Kitabisa.com bersama LKS Apik Mandiri. Hal ini dikatakan Bunda Indah Penanggungjawab Kafe Teras Senja menerangkan awal mula didirikannya Kafe Lansia saat peresmian tempat tersebut, Rabu (12/10/2022). 

Dengan konsep tempat perkumpulan lansia pertama di Lampung, Teras Senja merupakan program bantuan untuk membantu para lansia pertama yang dapat menyediakan ruang produktif untuk membantu dan pemberdayaan lansia untuk menciptakan kegiatan yang bermanfaat. 

“Karena di LKS APIK Mandiri itu kita sering melihat kondisi lansia-lansia kita, banyak banget yang mereka sebenarnya masih produktif. Tetapi mereka tidak memiliki tempat, jadi mereka hanya duduk diam di rumah,”jelas bunda indah. 

Dari hal-hal semacam itu, lanjutnya pihaknya melihat bahwa banyak sekali lansia yang sebenarnya sehat tetapi karena dia tidak punya aktivitas akhiranya mereka banyak merasakan sakit atau lain sebagainya. “Sehingga dari kitabisa.com bekerjasama dengan LKS APIK Mandiri kita membuka ruang untuk kegiatan Teras Senja. Agar mengapresiasi kegiatan lansia untuk produktif, disitu ada ruang cek kesehatan, ruang untuk curhat dan berbagai kegiatan nantinya. Seperti kegiatan keterampilan ada memasak, Ecoprint, membaca, olahraga,” jelasnya. 

Ia berharap, kedepannya Kafe Teras senja tidak hanya ada di Bandar Lampung melainkan akan ada di Daerah Lampung lainnya.“Tentu sekali kita berharap dari kita di Bandar Kampung ini akan ada lagi Teras Senja lansia di daerah-daerah lain bahkan untuk sampai di seluruh Indonesia itu harapan kami,” tuturnya.Tambahnya, ia juga menjelaskan bahwa Kafe Teras Senja akan bersinergi dengan Pemerintah Kota.“Iya, karena bersinergi juga dengan program puskesmas dan dinas sosial, itu akan bersinergi kami. Nanti dari mereka kita akan dapatkan suport, kita akan dapatkan motivasi untuk lansia kita. Berharap lansia kita slalu sehat dan bahagia serta bermanfaat di masa tuanya,” harapnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Bandar Lampung, Abu Bakar mengatakan, ia sangat bersyukur dengan adanya Kafe Teras Senja Tersebut.“Saya sangat bersyukur adanya Kafe Teras Senja ini. karena para lansia ini disini juga di jaga atas kesehatan nya seperti di cek tensi darah, kadar kolestrol dan lain-lain,” ujarnya.Ia berharap, dengan adanya kafe lansia yang sudah di launching ini. Mudah-mudahan ada makna dan manfaatnya.“Kemudian kita memberikan pemberdayaan kepada lansia, karena dengan mereka sibuk itu artinya mereka tidak melamun dan mereka bahagia dan sehat,” ucapnya. Di Pojok Lansia ini juga, Tambahnya pihaknya akan periksa kesehatan lansia terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM). “Kan selama ini sudah kita periksa tetapi mereka ke Puskesmas, nah nanti kita berharap teman-teman dari puskesmas yang datang kesini jadi lansia itu gak kesana kesini. Insyaallah mereka selalu sehat, obat-obatan juga akan kita suplay,” jelasnya.

Kemudian, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Sosial Kota Bandar Lampung, M. Havis mengatakan dengan adanya Kafe Teras Senja ini pihaknya akan memberikan bantuan sesuai tupoksi yang dimiliki Dinas Sosial.“Sesuai dengan tupoksi yang ada di Dinas Sosial, kita akan memberikan perbantuan permakanan sesuai dengan program yang ada. Tapi tentu mereka yang tercatat dan sesuai dengan kondisi dan syarat lansia. Saya menyambut baik dengan adanya kafe lansia ini,” ujarnya. 

Selain itu, Mbah Iman (85 tahun) mengatakan bahwa ia sudah sering sekali datang ke Kafe Teras Senja ini.“Saya sudah 4 kali kesini. Disini juga kita di cek tensi, di timbang. Nanti juga di kasih vitamin dari puskesmas,” ujarnya.Mbah Iman juga menyampaikan rasa senang karena bisa berkumpul bersama rekan-rekannya dan melakukan kegiatan yang diberikan oleh Kafe Teras Senja. (yoga) 



Post A Comment: