Bandarlampung (Pikiran Lampung
)-Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A. adalah guru besar dari Fakultas Teknik, Universitas Lampung telah resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon rektor Universitas Lampung periode 2023-2027, Jum’at 25 November 2022 bertepatan dengan hari guru nasional. 

Prof. Lusmeilia menyampaikan alasan mendaftarkan diri sebagai calon rektor universitas lampung, yaitu seorang Wanita dapat lebih terorganisir dalam memimpin suatu perguruan tinggi. Ia ingin menciptakan kampus yang mampu bersaing secara internasional. 

Menanggapi isu yang beredar saat ini. Ia optimis mampu menjaga integritas akademik perguruan tinggi, sebagai nilai dasar dari moralitas keilmuan dan tata kelola perguruan tinggi yang akuntabel dan objektif.

Prof Lusmeilia mendaftarkan diri sebagai bakal calon rektor bertepatan dengan hari guru nasional. Hal tersebut sebagai momentum untuk memberikan penghormatan dan apresiasi setinggi tingginya kepada para pendidik di Indonesia. “Jasa seorang guru terbukti mejadikan kita mengetahui semua hal di dunia ini.” Ia juga mendukung terwujudkan kampus Merdeka Belajar. “Penting menghargai jasa para pendahulu seperti Ki Hadjar Dewantara, dalam kutipannya “Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa”, Tut wuri handayani (Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan yang baik, di tengah mampu menciptakan prakarsa dan ide, dari belakang harus memberikan dorongan dan arahan)”, terangnya. 

Ia melanjutkan “Begitu juga seorang pemimipin, harus mampu memberikan contoh yang baik, mampu mejadi tauladan, memberikkan gagasan dan mampu mendorong pendidik dimulai dari kampus tercinta yaitu, Universitas Lampung demi kemajuan bangsa.” Tegasnya. 

Saat ini Profesor Lusmielia menjabat sebagai ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung, sebelumnya ia juga penah menjabat sebagai Wakil Dekan I Fakultas Tekni Universitas Lampung, pada tahun 2005-2009, Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung pada tahun 2009-2013, dan sebagai Pj Wakil Rektor IV bidang kerjasama Universitas Lampung pada tahun 2015.(sigit) 

Post A Comment: