Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Musabaqoh Tilawah dan Tahfizh Al-Quran  Madrasah (MT2QM) Tingkat Provinsi Lampung di Aula Arofah Asrama Haji Bandar Lampung,resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (nunik) Senin (14/11/2022) kemarin. 

 Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Lampung mengapresiasi kegiatan ini, "kreatifitas dari Kemenag Provinsi Lampung ini menjadi  pelopor, dan prestasi yang ditunjukan siswa madrasah semakin hari semakin banyak,

“Selain sebagai ajang kompetisi yang sehat, kegiatan ini juga menjadi ajang sharing dan silaturahmi,” Lanjut Wakil Gubernur Lampung.

Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo menyampaikan bahwasannya MT2QM ini merupakan kegiatan unmggulan se-Provinsi Lampung.

"Program ini sebagai inovasi bagi siswa-siswi Madrasah," ungkap Kakanwil.

Berdasarkan data EMIS Kementerian Agama RI, Madrasah di Provinsi Lampung berjumlah 2.433 lembaga terdiri dari  296.734 siswa.

“Banyaknya peserta didik di Madrasah menjadikan tantangan bagi kita untuk dapat membina dan menjadikan anak-anak Madrasah menjadi qori/qoriah dan hafidz/hafidzoh, sehingga lumbungnya tahfidz dan tilawah Al Qur’an ada di madrasah, hal ini juga sejalan dengan Program Lampung mengaji Gubernur Lampung yang harus kita dukung," papar Kakanwil.

Dalam Laporan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Ahmad Rifai berharap kegiatan ini selalu di berkahi. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan, penghayatan dan pengamalan pada siswa siswi madrasah serta mendukung program gubernur lampung, yakni lampung mengaji.

“Kegiatan berlangsung mulai pada tanggal 14 sampai 17 november 2022 yang diikuti 270 peserta dari Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 90 siswa, Madrasah Tsanawiyah sebanyak 90 siswa, dan Madrasah Aliyah sebanyak 90 siswa," jelas Rifai.

Turut hadir Asisten 1 Pemerintah Provinsi Lampung Qudrotul Ihwan, Kasubbag Tata Usaha Kanwil Provinsi Lampung, Kasi/Kagara, Pokjawas, pimpinan ormas Islam, Kepala Madrasah Negeri se-Provinsi Lampung, serta para siswa-siswi peserta MT2QM.

“Di Madrasah bukan hanya ilmu akademik saja yang diajarkan, tetapi juga mempelajari ilmu agama juga”, tutur H. Makmur selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Bandar Lampung.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta didik dapat lebih mencintai dan mempelajari Al-Quran yang merupakan tuntunan hidup umat muslim di dunia dan mengaplikasikan ilmu-ilmu Al-Quran di kehidupan sehari-hari. (tim) 

Post A Comment: