Bandarlampung (Pikiran Lampung)---
Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Lampung menggelar kegiatan pembinaan potensi SAR  melalui Pelatihan teknik dasar pencarian dan pertolongan di permukaan air (Water Rescue) pada Kamis (26/01). Pelatihan yang melibatkan 50 orang peserta ini berasal dari Tim Reaksi Cepat BPBD baik Provinsi maupun Kabupaten / Kota, organisasi dan instansi yang bergerak di bidang pencarian dan pertolongan yang ada di provinsi Lampung.


Adanya pelatihan ini dimaksudkan dalam rangka memberikan pembekalan terhadap para peserta pelatihan agar mengetahui dan memahami serta memiliki kompetensi yang dibutuhkan pada saat pelaksanaan operasi sar khususnya di daerah perairan. Pelatihan ini juga sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan operasional dalam rangka mewujudkan sumberdaya potensi SAR yang handal di wilayah Provinsi Lampung.

Hadir dalam Acara ini, yDansat Brimob Polda Lampung Kombes Pol Wahyu Widiarso Suprapto, Danrem 043/Garuda Hitam yang diwakili Dandim 0421 Bandar Lampung Letkol Inf Fajar Akhindin, Danlanal Lampung yang diwakili Pasops Lanal Mayor Laut (P) Agus Triyono, Ditpolairud Polda Lampung, Danlanud Bun Yamin yang diwakili oleh Dansatpom AU Kapt. Pom Chandra Putera, Kalak BPBD Kabupaten Kota, dan beberapa kepala organisasi di bidang pencarian dan pertolongan.


Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Lampung Deden Ridwansah, S.Sos. dalam sambutannya  menyampaikan bahwa Prov. Lampung sebagian besar wilayahnya adalah perairan, maka kita perlu memperkuat potensi SAR kita di bidang pertolongan di permukaan air (water rescue). "Oleh karena itu harapan saya melalui pelatihan potensi sar ini dapat dipersiapkan tenaga – tenaga handal sebagai petugas lapangan (rescuer) yang dapat mempersingkat respon time setiap ada informasi kedaruratan dan dapat melaksanakan operasi pencarian, pertolongan serta evakuasi secara efektif dan efisien sesuai dengan standar operasi prosedur." Tutup Deden. (***)

Post A Comment: