Tulangbawang (Pikiran Lampung) --
-Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban terjatuh dari kapal (man over board) KM Rawut di Perairan Sungai Burung dalam keadaan meninggal dunia pada Rabu (22/02/2023).

Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung mendapatkan informasi terkait  1 (satu) orang nelayan terjatuh dari kapal (man over board) KM Rawut di Perairan Sungai Burung, Kec. Dente Teladas, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung Selasa (21/02) Pukul 22.35 Wib.

Berdasarkan laporan yang diterima dari Herwan (Kepala Pos Polair Sungai Burung) bahwa pada  Selasa (21/02) sekira pukul 11.00 Wib di perairan Sungai Burung 3,56 Mil dari Pesisir Sungai Burung Kec. Dente Teladas Kab. Tulang Bawang, korban yang bernama Rasmanto bin Tamas (32) terpeleset dari pinggir KM Rawut hingga jatuh ke Laut dikarenakan cuaca buruk/ ombak besar.

Kemudian Nakhoda KM Rawut a.n. Tamas segera melakukan pertolongan, dan karena arus kuat korban terbawa arus sampai tidak kelihatan. Setelah 1 jam melakukan pencarian korban tidak di ketemukan. Selanjutnya Nakhoda beserta ABK memutuskan untuk kembali ke darat untuk meminta pertolongan.

Menindaklanjuti info tersebut Basarnas Lampung mengerahkan 1 tim Rescue Unit Siaga SAR Tulang Bawang untuk menuju ke lokasi. Tim tiba di lokasi kejadian pada hari Rabu (22/02) pukul 09.10 WIB dan langsung berkoordinasi dengan Polair Polres Tulang Bawang dan nelayan setempat untuk melaksanakan operasi SAR. Korban a.n. Rasmanta Bin Tamas merupakan warga Blok Cidempet RT 01 /08 Desa Ilir kec.kandang Haur Kab. Indramayu Jabar.

Tim SAR gabungan memulai pencarian pada pukul 09.30 WIB dengan menggunakan perahu karet Basarnas menyisir area sekitar lokasi jatuhnya korban pd koordinat 4°35'42.75"S - 105°55'55.61"T.

Pukul 10.00 WIB Tim SAR Gabungan telah menemukan korban dengan posisi terapung pd koordinat 4°35'47.70"S 105°55'54.60"E jarak 0,1 NM (Nautical Miles) arah Barat Daya dari lokasi kejadian dalam keadaan Meninggal dunia, selanjutnya korban diserahkan kepada pihak keluarga. 

Koordinator Unit Siaga SAR Tulang Bawang Santosa melaporkan langsung kepala Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah informasi tersebut. "Ijin melaporkan korban MOB 1 orang nelayan di Perairan Sungai Burung telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada pukul 10.00 WIB." Ujar Tosa.

"Selanjutnya korban diserahkan kepada pihak keluarga dan dibawa kerumah duka." Tutup Tosa.(***)

Post A Comment: