Pesawaran (Pikiran Lampung) -  Jalur wisata di kabupaten Pesawaran dihadapkan pada pemandangan kurang elok di mata. Dimana, pada salah satu tempat tampak tumbukan sampah yang berserakan dan menggunung. 

Hal ini tentu saja menimbulkan keluhan dari pengendara dan masyarakat setempat. yang keluhkan Aroma Bau Busuk yang sangat menyengat akibat Tumpukan sampah di pinggir jalan Provinsi itu. Jalan  yang merupakan pintu gerbang untuk menuju 4 Kecamatan. yaitu Kecamatan Padang Cermin,K, ecamatan Way Ratai,KyUnecamatan Marga Punduh,


Dan Kecamatan Punduh Pidada, yang merupakan bagian dari Kabupaten Pesawaran,Bumi wisata sejuta Pesona.

Menurut tokoh masyarakat kecamatan setempat yang tidak mau namanya di sebutkan mengungkapkan,

"masak TPA Sampah di pinggir jalan,"Di bandar Lampung aja di buangnya di pedalaman di gunung jadi tidak kelihatan,"ujarnya, Selasa (14/2/2023). "Ini malah di pinggir jalan dan sangat mencolok mata tidak sesuai dengan Ikon kabupaten,


"Bumi Wisata Sejuta Pesona" siapa saja yang lewat di situ positiv akan menghirup bau busuk,"ucapnya.

Saat tim Pikiran Lampung menanyakan siapa saja yang membuang sampah di lokasi tersebut, dirinya mengatakan, yang membuang sampah disitu dari kecamatan Tukjeluk pandan dan kecamatan Padang cermin,dan sekarang masyarakat umum  membuang sampah di situ juga,"terangnya.

"Kalau bisa sampaikan sama bapak bupati pesawaran,

pertama akibat sampah itu, imet kecamatan Padang cermin ini jelek gara gara ada TPA Sampah disana,"Ungkapnya.

"Kalau TPA itu suatu kebutuhan tolonglah tempatnya di dalam jangan di luar agar tidak kelihantan jadi tidak mengganggu Pemandangan"Sambungnya.

Itu Pemandangannya tidak bagus sama sekali,jadi citranya kontra produkti,kontra sama Iconnya Kabupaten  Pesawaran,sementara pesisir inikan jadi tujuan wisata,jadi Destinasi pariwisata yang paling utama untuk kabupaten,"tambahnya.

"Saya yakin kalau di adakan audiensi semua masyarakat menolak kalau TPA Sampah ada disana di pinggir jalan,"Imbuhnya.


Hal ini semoga menjadi pemikiran terutama bapak bupati,semoga di pikirkan karena masyarakat dan pemdes yang ada di kecamatan Padang cermin positiv kurang setuju adanya TPA Sampah disana,karena membuat imet wilayah kecamatan Padang cermin ini jadi jelek wilayah kita,Jadi,ikon Bumi Sejuta Pesona Kontra Produktif dengan adanya Sampah di Pinggir jalan,"Pungkasnya.

Di ketahui pembuangan sampah di TPA tersebut sudah berjalan hampir 2 tahun, sampah diduga berasal dari  pasar sekitar kecamatan Padang Cermin dan Kecamatan Teluk Pandan. 

Terpisah, Darman Jaya Putra Kasi Persampahan di Dinas Lingkungan Hidup Pesawaran ketika dihubungi melalui sambungan telepon enggan menanggapi. (MARA)

Post A Comment: