Jakarta ( Pikiran Lampung)-
Mimpi buruk yang dikhatirkan pecinta sepoakbola Indonesia akhinya jadi kenyataan. Status tuan rumah Indonesia di Piala Dunia U20 2023 resmi dibatalkan.

Dimana, Induk Sepak Bola Dunia, FIFA, mencabut status Indonesia sebagai tuan tumah Piala Dunia U-20 2023. Hal ini diputuskan FIFA pada Rabu (29/3) malam WIB.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023™. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah,” tulis FIFA dalam rilis resmi yang diterima oleh media, seperti dikutif dari laman BolaSkor.com.

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi (Kanjuruhan) yang terjadi pada Oktober 2022.”

“Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketum PSSI Erick Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketum PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat,” tutup statment FIFA.

Pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena gelombang keras penolakan timnas Israel U-20 sebagai peserta. (**)


Padahal Israel U-20 lolos ke Piala Dunia U-20 2023 dengan sah melalui tahap prakualifikasi, yakni berhasil menjadi runner-up Piala Eropa U-19 pada Juli 2022 lalu.

Post A Comment: